EFEKTIVITAS MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS P3 SD GLOBAL INBYRA SCHOOL TEGAL


Adenita Intan Maharani, 2404414012 (2019) EFEKTIVITAS MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS P3 SD GLOBAL INBYRA SCHOOL TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2404414012dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran bahasa Mandarin sampai saat ini terdapat kecenderungan guru menggunakan metode yang tidak bervariasi, yaitu metode ceramah, tanya jawab, disertai pemberian contoh. Dalam pembelajaran menggunakan metode tersebut, guru lebih berperan aktif. Sedangkan, dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Mandarin membutuhkan pelibatan siswa secara penuh agar tercapai hasil yang maksimal. Model Talking Stick berbantu media teka-teki silang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Talking Stick berbantu media teka-teki silang untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan tata bahasa Mandarin materi Hari, Tanggal, dan Mata Pelajaran pada siswa kelas P3 SD Global Inbyra School Tegal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas P3 Faith dan P3 Love. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi, yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen, dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji Kuder Richardson 20 (KR-20) untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Kolmogorov Smirnov untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk menguji homogenitas data, uji Independent sample t-test dan uji One sample t-test pihak kanan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, data penguasaan kosakata dan tata bahasa Mandarin menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,150 > 2,02439) dan nilai signifikansinya 0,03 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan penguasaan kosakata dan tata bahasa Mandarin antara siswa yang menerapkan model Talking Stick, dengan yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test pihak kanan, data penguasaan kosakata dan tata bahasa Mandarin menunjukkan nilai thitung > ttabel (4,406 > 1,73406) dan nilai signifikansinya 0,00 < 0,05, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan model Talking Stick berbantu media teka-teki silang lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan tata bahasa Mandarin dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa mandarin; media teka-teki silang; model Talking Stick; penguasaan kosakata; tata bahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 05:24
Last Modified: 09 Jan 2020 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34420

Actions (login required)

View Item View Item