Perbedaan kemandirian antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005.

Hindun Sri Rahmawati, 1314000038 (2005) Perbedaan kemandirian antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan kemandirian antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (75Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui secara diskriptif kemandirian anak sulung, 2) Untuk mengetahui secara diskriptif kemandirian anak bungsu, dan 3) Untuk mengetahui perbedaan kemandirian antara anak sulung dan anak bungsu. Secara teoritis hasil penelitian ini dapat menambah khasanah pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya bimbingan dan konseling tentang kemandirian anak sulung dan anak bungsu dan secara praktis dapat memberikan informasi tentang kemandirian anak sulung dan anak bungsu di SMU Negeri 11 Semarang pada tahun pelajaran 2004/2005 kepada siswa sebagai anak, orang tua atau wali murid dan guru pembimbing sebagai bahan pertimbangan dalam pembentukan kemandirian anak atau siswa asuh melalui kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah maupun pengembangan kemandirian mahasiswa oleh para dosen. Populasi penelitian ini siswa kelas II SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2004/2005 yang berkedudukan sebagai anak sulung dan yang berkedudukan sebagai anak bungsu berjumlah 234 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive proporsional random sampling. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 58 siswa yang terbagai atas 30 siswa adalah anak sulung dan 28 siswa adalah anak bungsu. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu urutan kelahiran (anak sulung dan anak bungsu) sebagai variabel bebas dan kemandirian sebagai bariabel terikat. Data diambil dengan skala kemandirian. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil deskriptif diperoleh informasi bahwa kemandirian anak sulung telah masuk dalam kriteria tinggi sedangkan kemandirian anak bungsu masuk dalam kriteria sedang. Ditinjau dari tiap-tiap sub variabel kemandirian menunjukkan bahwa anak sulung pada aspek intelektual berada pada kategori sedang, sedangkan pada aspek ekonomi, emosi dan sosial berada pada kriteria tinggi sedangkan pada anak bungsu pada aspek intelektual, ekonomi, emosi dan sosial seluruhnya berada dalam kriteria sedang. Hasil uji beda mean dengan uji t test antara kemandirian anak sulung dan anak bungsu diperoleh harga thitung = 3,45 > ttabel = 2,00. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemandirian yang signifikan antara anak sulung dengan anak bungsu. Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis dapat mengajukan saran yang dapat disampaikan melalui Guru Pembimbing antara lain: 1) Bagi para siswa yang menjadi anak bungsu hendaknya menyadari bahwa tidak selamanya mereka dapat menggantungkan diri pada orang lain baik orang tua maupun kakaknya. Oleh karena itu hendaknya mulai dari sekarang mereka belajar meningkatkan kemandirian baik dalam hal ekonomi, emosi sosialnya agar dapat melepaskan diri dari ketergantungannya pada orang lain, 2) Bagi orang tua hendaknya tidak hanya membebankan seluruh tanggungjawab kepada anak sulung. Mereka seharusnya juga memberikan tanggung jawab kepada anak bungsu dalam upaya mengembangkan kemandiriannya, 3) Guru pembimbing di sekolah hendaknya memberikan perhatian khusus kepada anak didiknya dengan status kelahiran bungsu saat memberikan layanan pembentukan kemandirian agar mereka dapat memiliki tingkat kemandirian yang sama dengan anak sulung dan 4) Bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian dengan topik yang sama dapat menekankan pada aspek kemandirian belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 01:41
    Last Modified: 16 Aug 2011 01:41

    Actions (login required)

    View Item