EFEKTIVITAS KARTU KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS XI SMA KEBON DALEM SEMARANG


Ade Devi Mariyanti, 2404414008 (2019) EFEKTIVITAS KARTU KUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS XI SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2404414008dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mendengarkan merupakan kegiatan utama dalam keterampilan berbahasa. Berdasarkan data awal kelas XI IPA dan kelas XI IPS SMA Kebon Dalem Semarang peneliti menemukan kendala dalam pembelajaran mendengarkan kosakata bahasa Mandarin. Kesulitan tersebut diantaranya adalah kesulitan siswa dalam memahami huruf vokal maupun konsonan yang sangat berbeda dengan konsonan ataupun vokal yang terdapat dalam bahasa Indonesia, kurangnya penguasaan kosakata siswa dalam bahasa Mandarin juga membuat siswa tidak paham dengan ujaran yang didengar, sehingga ketika siswa mendengarkan ujaran dalam bahasa Mandarin siswa cenderung menerka ujaran ataupun mengulangi ujaran tersebut beberapa kali. Oleh karena itu perlu adanya penerapan teknik inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan kosakata bahasa Mandarin. Salah satunya adalah dengan menerapkan media kartu kuartet sebagai media pembelajaran mendengarkan kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan kartu kuartet sebagai media pembelajaran mendengarkan bahasa Mandarin kelas XI IPA SMA Kebon Dalem Semarang serta mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh kartu kuartet terhadap peningkatan hasil pembelajaran mendengarkan kosakata bahasa Mandarin kelas XI IPA SMA Kebon Dalem Semarang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen klasik dan teknik random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan data pre test dan post test. Berdasarkan data pre test dan post test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 75 dan nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 86. Dari perhitungan uji-t data pre test dan data post test diperoleh nilai sig.(0,003) nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05, sedangkan nilai thitung sebesar (3,112) dan nilai ttabel sebesar (2,021) nilai tersebut menunujukan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa media kartu kuartet efektif sebagai media pembelajaran mendengarkan kosakata bahasa Mandarin kelas XI SMA Kebon Dalem Semarang. Kartu kuartet berpengaruh terhadap peningkatan hasil pembelajaran mendengarkan kosakata bahasa Mandarin yaitu adanya peningkatan senialai 14 poin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kartu Kuartet, Kemampuan Mendengarkan Kosakata
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 05:07
Last Modified: 09 Jan 2020 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34418

Actions (login required)

View Item View Item