PAPER QUILLING SEBAGAI MEDIA BERKARYA RAGAM HIAS FLORA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 BAE KUDUS


Restu Angening Pawekas , 2401414045 (2019) PAPER QUILLING SEBAGAI MEDIA BERKARYA RAGAM HIAS FLORA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2401414045dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menjelaskan bentuk pembelajaran ragam hias flora menggunakan teknik quilling pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bae Kudus, (2) menjelaskan hasil karya pembelajaran ragam hias flora menggunakan teknik quilling pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bae Kudus. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif. Prosedur penelitian yang diterapkan meliputi survei pendahuluan ke sekolah, pengamatan terkendali 1, evaluasi, dan rekomendasi, pengamatan terkendali 2, serta evaluasi dan rekomendasi atau hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan pengabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, pertama dapat dikemukakan bahwa bentuk pembelajaran ragam hias flora menggunakan teknik quilling, terdiri atas (1) indikator pembelajaran yang mengacu pada aspek pengetahuan dan ketrampilan yang tertulis pada RPP; (2) materi pembelajaran yang mengacu pada aspek pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan RPP; (3) strategi pembelajaran menggunakan inquiry learning, sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, dan penugasan; dan (4) evaluasi berdasarkan atas tiga aspek, yaitu ide/gagasan, penggunaan estetika visual, dan penguasaan teknik berkarya. Berdasarkan hasil evaluasi dari pengamatan terkendali 1 dan setelah dilakukan perbaikan pada pengamatan terkendali 2, kemampuan siswa dalam berkarya ragam hias flora menggunakan teknik quilling mengalami peningkatan. Kedua, berdasarkan hasil karya siswa dari segi aspek ide/gagasan pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 penggambaran objek semakin bervariasi bentuknya dan tidak hanya membuat satu objek sudah berani 2 sampai 3 objek dalam satu bidang gambar. Berdasarkan aspek estetika visual dalam menerapkan unsur dan prinsip seni rupa sesuai dengan tahap perkembangan siswa SMP dan mengalami peningkatan. Berdasarkan aspek penguasaan teknik rata-rata siswa sudah mengalami peningkatan pada aspek kerapian dan penguasaan teknik dasar. Saran yang dikemukakan untuk guru, lebih memperkenalkan variasi media berkarya dan penelitian yang dilakukan peneliti dapat dijadikan referensi dalam pemilihan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Paper quilling, ragam hias flora
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:52
Last Modified: 09 Jan 2020 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34417

Actions (login required)

View Item View Item