PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI BATIK BERBASIS POTENSI LOKAL DI SMP N 3 LASEM


Qoimatun Najah , 2401414032 (2019) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI BATIK BERBASIS POTENSI LOKAL DI SMP N 3 LASEM. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2401414032dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan: (1) proses pembelajaran ekstrakurikuler seni batik berbasis potensi lokal pada siswa SMP N 3 Lasem (2) produk pembelajaran ekstrakurikuler seni batik siswa SMP N 3 Lasem, dan (3) determinan pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP N 3 Lasem, dengan subjek 23 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni batik dan narasumber guru ekstrakurikuler seni batik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem berupa kegiatan siswa dalam membuat pola dan nyanthing. Sekolah bekerjasama dengan perajin batik, membuat proyek seragam batik sebagai identitas melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, produk pembelajaran ekstrakurikuler seni batik berupa hasil canthingan siswa dengan desain motif “durian Criwik” yang merupakan potensi lokal daerah dan motif “pohon bambu” yang memiliki banyak filosofi kehidupan. Selain itu terdapat desain gambar motif batik dari siswa kelas VII yang menggunakan aspek ide berupa potensi lokal daerah, kelengkapan unsur motif batik, dan estetika visualnya. Ketiga, determinan pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem meliputi sarana dan prasarana, tenaga pengajar, kemampuan siswa, minat siswa, program kegiatan dan warga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) pihak sekolah untuk tetap menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan melakukan kegiatan untuk menarik minat siswa mengikuti ekstrakurikuler seni batik seperti pameran, karnaval, lomba-lomba, bazar dan sebagainya, (2) bagi guru hendaknya mampu melaksanakan program kegiatan yang telah dirancang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Batik
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:48
Last Modified: 09 Jan 2020 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34416

Actions (login required)

View Item View Item