KAJIAN ESTETIKA VISUAL TATA BUSANA DAN PROPERTI KESENIAN JARAN KEPANG TURONGGO JATI DESA JEBENGPLAMPITAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO


Edy Lea Kristiantoro, 2401413018 (2018) KAJIAN ESTETIKA VISUAL TATA BUSANA DAN PROPERTI KESENIAN JARAN KEPANG TURONGGO JATI DESA JEBENGPLAMPITAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2401413018dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan tentang nilai estetik visual tata busana dan properti dalam kesenian Jaran Kepang merupakan hal yang tepat untuk menciptakan wawasan yang luas kesenian Jaran Kepang terhadap masyarakat. Kabupaten Wonosobo tepatnya di Kecamatan Sukoharjo merupakan daerah yang berpotensial dalam kesenian Jaran Kepang. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) nilai estetik visual tata tusana kesenian Jaran Kepang Turonggo Jati, dan (2) nilai estetik visual properti kesenian Jaran Kepang Turonggo Jati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Jebengplampitan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan; (1) observasi (pengamatan), (2) interview (wawancara), dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tata busana Jaran Kepang paguyuban Turonggo Jati hampir sama dengan kostum paguyuban Jaran Kepang pada umumnya yaitu satu paket pakaian prajurit Jawa, yang membedakan yaitu pada kostum penari wanitanya. Kostum penari wanita pada paguyuban Turonggo Jati menggunakan perpaduan kostum tari Lengger dan kostum prajurit sehingga penari wanita terlihat lebih cantik dan pemberani. Sedangkan properti Jaran Kepang paguyuban Turonggo Jati juga hampir sama dengan paguyuban Jaran kepang pada umumnya yaitu meliputi kuda-kudaan, barongan, cambuk, sesajen, dan instrumen berupa alat musik gamelan. Akan tetapi properti kuda-kudaan dan barongan di pesan dan desain sendiri oleh ketua paguyuban sehingga menjadi ciri khas paguyuban Jaran Kepang Turonggo Jati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kajian, Estetika Visual, Tata Busana, Properti, Jaran Kepang.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:34
Last Modified: 09 Jan 2020 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item