TARI NUSANTARA DALAM GAMBAR ILUSTRASI COVER BUKU TULIS SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PENGENALAN WARISAN KEBUDAYAAN TRADISIONAL PADA ANAK-ANAK


Novran Andriyanto , 2401412073 (2018) TARI NUSANTARA DALAM GAMBAR ILUSTRASI COVER BUKU TULIS SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PENGENALAN WARISAN KEBUDAYAAN TRADISIONAL PADA ANAK-ANAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2401412073dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tari Nusantara merupakan tari – tarian yang berda di Indonesia yang bersifat tradisional. Mulai dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah memiliki ciri khas masing – masing pastinya. Seiring berkembangnya zaman, media juga semakin berkembang. Pemanfaatan media tentunya dapat berpengaruh pada perkembangan Tari Nusantara. Melalui media yang tepat dan sasaran yang tepat, tentunya Tari Nusantara akan dapat selalu dilestarikan sesuai dengan perkembangan zaman. Anak –anak merupakan sasaran yang tepat sebagai subjek utama untuk menanamkan rasa cinta terhadap Tari nusantara. Media yang dekat dengan ank adalah buku tulis, karena buku tulis merupakan sarana yang sering digunakan untuk belajar – mengajar anak. Oleh karena itu, pemanfaatan cover buku tulis adalah media yang tepat untuk menempatkan Tari Nusantara dalam Ilustrasi yang menarik untuk anak. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan karya ilustrasi dalam bentuk cover buku tulis dengan gagasan Tari Nusantara. Metode yang digunakan meliputi pemilihan alat dan bahan, teknik berkarya, dan proses berkarya. Media yang digunakan berupa bahan (kertas dan cat poster), alat (kuas, air dan palet), perlengkapan (pensil, kerta, dan penghapus) dan teknik (teknik langsung dan tidak langsung). Proses berkarya dalam proyek studi ini terbagi menjadi beberapa langkah yaitu tahap konseptualisasi dan visualisasi. Tahap konseptual dilakukan dengan cara mencari sumber informasi dan data tentang Tari Nusantara yang akan divisualisasikan. Setelah data diperoleh, akan divisualisasikan dengan tahap yang terdiri dari mencari sumber foto atau video sebagai acuan, sket, proses pewarnaan menggunakan cat poster, pendetailan, editing olah komputer dan finishing cetak dalam bentuk buku tulis. Karya yang dihasilkan merupakan gagasan penulis tentang pemanfaatan media cover buku tulis dengan visualisasi ilustrasi Tari Nusantara yang berjumlah 12 (duabelas) dengan ukuran A3 (30x40cm) dan cetak buku ukuran B5 (17x25cm). Pemanfaatan media cover buku tulis diharap menjadi minat anak untuk lebih mencintai Tari Nusantara yang merupakan warisan kebudayaan Indonesia. Sehingga, Tari tradisional Nusantara akan terus dapat dikenang dari generasi ke generasi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Nusantara, Ilustrasi Cover Buku Tulis, Anak - anak
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:20
Last Modified: 09 Jan 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34411

Actions (login required)

View Item View Item