Perbedaan Sikap Sosial Antara Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren dan Siswa Yang Tinggal Bersama Orang Tua Pada Siswa Kelas II MA Banat NU Kudus Pada Tahun Pelajaran 2004/2005.


Lut Tamaro, 1314000034 (2005) Perbedaan Sikap Sosial Antara Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren dan Siswa Yang Tinggal Bersama Orang Tua Pada Siswa Kelas II MA Banat NU Kudus Pada Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Sikap Sosial Antara Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren dan Siswa Yang Tinggal Bersama Orang Tua Pada Siswa Kelas II MA Banat NU Kudus Pada Tahun Pelajaran 2004/2005.]
Preview
PDF (Perbedaan Sikap Sosial Antara Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren dan Siswa Yang Tinggal Bersama Orang Tua Pada Siswa Kelas II MA Banat NU Kudus Pada Tahun Pelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Lingkungan sekolah adalah lingkungan dimana siswa dapat membentuk dan mengembangkan sikapnya dengan baik. Selain di sekolah, pendidikan juga berlangsung di dalam keluarga. Keluarga merupakan kelompok sosial yang pertama dalam kehidupan manusia, tempat ia belajar dan menyatakan diri sebagai manusia sosial di dalam hubungan interaksi dengan kelompoknya. Namun tidak semua anak selalu tinggal dengan orang tuanya. Beberapa di antaranya dengan tujuan untuk memperdalam agama islam siswa tersebut tinggal di pondok pesantren yang jauh dari bimbingan keluarga. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang perbedaan sikap sosial antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua pada siswa kelas II MA Banat NU Kudus Pada Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sikap sosial siswa yang tinggal bersama orang tua, (2) Untuk mengetahui sikap sosial siswa yang tinggal di pondok pesantren, (3) Untuk mengetahui perbedaan sikap sosial antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua pada siswa kelas II MA Banat NU Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas II MA Banat NU Kudus 2004/2005 yang berjumlah 327 siswa. Siswa yang tinggal di pondok pesantren seluruhnya berjumlah 128 siswa dan siswa yang tinggal bersama orang tua seluruhnya berjumlah 199 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 40 siswa yang tingal bersama orang tua yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap sosial. Analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa siswa yang tinggal bersama orang tua memiliki sikap sosial baik dengan rata-rata skor 184,2 sedangkan siswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki sikap sosial cukup baik dengan rata-rata skor 166,2. Hasil uji t memperoleh thitung = 6,115 > ttabel = 1,99 yang berarti ada perbedaan sikap sosial antara siswa yantg tinggal yang di pondok pesantren dan siswa yng tinggal bersama orang tua pada siswa kelas II MA Banat NU Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005. Simpulan dalam penelitian pada siswa kelas II MA Banat NU Kudus tahun pelajaran 2004/2005 yaitu 1). Sikap sosial siswa yang tinggal di bersama orang tua termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor adalah 184,2 , 2). Sikap siswa siswa yang tinggal di pondok pesantren juga dalam kategori baik dengan rata-rata skor adalah 166,2. 3). Ada perbedaan sikap sosial antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua yang dibuktikan dari hasil uji t yang memperoleh thitung = 6,115 > tabel = 1,99. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengajukan beberapa saran pada siswa kelas II MA Banat NU Kudus yaitu : 1). Hendaknya siswa yang tinggal di pondok pesantren meningkatkan interaksi sosialnya dengan warga yang ada di pondok, 2). bagi siswa yang tinggal bersama dengan orang tua hendaknya dapat mempertahankan sikap sosialnya yang telah baik tersebut dan tetap berusaha untuk tetap meningkatkannya menjadi lebih baik agar para siswa tersebut lebih peka terhadap kondisi-kondisi sosial yang berkembang di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:33
Last Modified: 16 Aug 2011 05:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item