ORNAMEN PADA DINDING SERAMBI MASJID MANTINGAN JEPARA SEBAGAI GAGASAN DASAR DALAM PEMBUATAN KARYA SENI UKIR KAYU LAMPU HIAS


Khoirul Anwar Huda, 2401412020 (2018) ORNAMEN PADA DINDING SERAMBI MASJID MANTINGAN JEPARA SEBAGAI GAGASAN DASAR DALAM PEMBUATAN KARYA SENI UKIR KAYU LAMPU HIAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2401412020dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (908kB) | Preview

Abstract

Masjid Mantingan memiliki keistimewaan yaitu ornamen yang terletak pada dinding serambi masjid. Secara umum, ornamen tersebut dapat dikelompokan dalam tiga kelompok. Pertama, hiasan bercorak flora. Kedua motif geometris, yang lebih sering disebut dengan istilah lokal sebagai motif slimpetan (saling bersilang), dan ketiga adalah adanya motif binatang yang disamarkan, atau lebih sering disebut dengan distilir. Menurut penulis motif-motif tersebut sangat menarik untuk dijadikan objek karya seni. Melalui proyek studi ini penulis membuat lampu hias ukir dengan menampilkan motif-motif yang ada pada dinding serambi Masjid Mantingan. Tujuan proyek studi adalah membuat produk ukiran dalam bentuk lampu hias dengan menampilkan motif-motif dari ornamen Masjid Mantingan agar motif tersebut dapat dikenal masyarakat. Metode yang digunakan dalam berkarya meliputi pemilihan media dan proses berkarya yang di dalamnya terdapat proses konseptualisasi dan visualisasi gagasan. Proyek studi ini menghasilkan sejumlah sebelas karya terdidri dari 4 jenis lampu hias yaitu 1 lampu gantung, 4 lampu meja, 4 lampu dinding, dan 2 lampu lantai. Lampu-lampu tersebut difungsikan sebagai penghias ruangan dengan cahaya yang temaram. Harapan penulis sejumlah karya tersebut dapat menjadi pemantik bagi penulis untuk berkarya lanjut, dan pemantik bagi kreator lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ornamen, Masjid Mantingan, Seni Ukir, Lampu Hias
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:01
Last Modified: 09 Jan 2020 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item