PEMBACAAN WACANA IKLAN HÄAGEN-DAZS DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE


Fanny Putri Utami , 2311414020 (2019) PEMBACAAN WACANA IKLAN HÄAGEN-DAZS DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2311414020dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah wujud tanda dan makna tanda-tanda secara semiotis pada iklan Häagen-Dazs. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan menganalisis wujud tanda dan makna tanda-tanda secara semiotis pada iklan Häagen-Dazs. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan teoretis semiotika Peirce dan pendekatan metodologis yakni deskriptif interpretatif kualitatif. Data penelitian ini berupa unsur-unsur verbal dan nonverbal yang terdapat pada iklan Häagen-Dazs berbahasa Prancis dengan alamat situs https://twitter.com/Haagen_Dazs_FR. Metode pengumpulan data adalah metode simak dan diwujudkan dengan teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar adalah teknik sadap. Teknik lanjutan adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap yang diikuti dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode semiotika yang dikembangkan oleh Peirce. Teknik yang digunakan adalah filling system. Berdasarkan hasil analisis 25 iklan pada akun twitter Häagen-dazs Prancis, pembacaan wacana iklan Häagen-Dazs secara semiotis menegaskan kembali bahwa unsur-unsur pembentuk wacana iklan adalah representamen yang mengacu atau mewakili kepada sesuatu yang lain, yang disebut dengan objek. Begitu iklan dipublikasikan melalui akun twitter Häagen-Dazs, terjadilah pemaknaan tahap awal oleh individu ketika ia membaca dan memaknai representamen tersebut. Selanjutnya, dalam pemaknaan tanda (proses semiosis) tahap awal tersebut belum selesai karena proses semiosis awal berlanjut ke dalam proses berikutnya, inilah yang oleh disebut dengan interpretant, yakni proses penafsiran makna yang berkelanjutan. Pada level the secondness, ikon dalam iklan Häagen-Dazs citra yang sangat beragam wujudnya seperti ikonisitas tekstual dan ikonisistas visualisasi produk. Indeksal menjadikan ikonisitas tekstual dan ikonisitas visualisasi memiliki hubungan nyata yang saling mendukung dalam pembuatan iklan sehingga makna tanda-tanda dan pesan tersampaikan kepada konsumen sebagai sasaran iklan. Lalu simbol dalam iklan Häagen-Dazs tersebut dalam bentuk language, brand names, trademarks, and visual logo memberikan identitas pembuat iklan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: semiotika, representamen, objek, interpretant, ikon, indeks, simbol, iklan, Häagen-Dazs
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:46
Last Modified: 09 Jan 2020 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item View Item