ANALISIS JENIS DAN FUNGSI TINDAK TUTUR ILOKUSI KOMISIF DALAM FILM LE PETIT NICOLAS KARYA LAUREND TIRARD


Eva Nurlimah Sari , 2311413001 (2019) ANALISIS JENIS DAN FUNGSI TINDAK TUTUR ILOKUSI KOMISIF DALAM FILM LE PETIT NICOLAS KARYA LAUREND TIRARD. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2311413001maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan tindak tutur ilokusi komisif sering dijumpai penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bahasa lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan : (1) jenis tindak tutur ilokusi komisif (2) fungsi tindak tutur ilokusi komisif dalam film Le Petit Nicolas. Data penelitian ini adalah semua tuturan yang diduga mengandung tindak tutur ilokusi komisif bahasa Perancis dalam film tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan teknik lanjutan yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Untuk menganalisis jenis tindak tutur komisif digunakan metode padan pragmatis dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP) sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan (HBS) sebagai teknik lanjutan. Sebagai hasil penelitian ditemukan 27 data yang mengandung tindak tutur ilokusi komisif. Jenis tindak tutur ilokusi la promesse (menjanjikan) memiliki 7 fungsi, kemudian analisis di dalam film Le Petit Nicolas diperoleh : 1) maudire (mengutuk) berjumlah 3 data, 2) s‟engager (berkontrak) berjumlah 4 data, 3) faire le pari (bertaruh) berjumlah 2 data, 4) garantir (menjamin) berjumlah 2 data, 5) abandonner (menyerah) berjumlah 3 data. Dalam penelitian ini tidak ditemukan jenis tindak tutur ilokusi komisif la promesse (menjanjikan), fungsi jurer (bersumpah), dan inviter (mengundang). Jenis tindak tutur ilokusi komisif l‟offre (menawarkan) terdapat 3 fungsi. Dalam film Le Petit Nicolas diperoleh 2 fungsi sebagai berikut : 1) proposer (mengusulkan) berjumlah 7 data, dan 2) faire du bénévolat (menawarkan bantuan) berjumlah 1 data. Dalam penelitian ini tidak ditemukan jenis tindak tutur ilokusi komisif fungsi négocier (tawar-menawar). Hasil penelitian ini menunjukkan jenis tindak tutur ilokusi yang paling dominan adalah jenis la promesse (menjanjikan) dan fungsi tindak tutur ilokusi komisif yang paling dominan adalah fungsi proposer (menawarkan).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur ilokusi, tindak tutur ilokusi komisif, jenis tindak tutur ilokusi komisif, fungsi tindak tutur ilokusi komisif
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:23
Last Modified: 09 Jan 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34398

Actions (login required)

View Item View Item