PENGEMBANGAN ARABIC TREASURE HUNTER UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN KLATEN


Aisyah Intan Ramadhani, 2303414040 (2018) PENGEMBANGAN ARABIC TREASURE HUNTER UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2303414040maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Permasalahan tersebut adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan berbahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran dan juga pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan membaca dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama Arabic Treasure Hunter. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media Arabic Treasure Hunter, 2) bagaimana prototipe media Arabic Treasure Hunter, 3) bagaimana hasil validasi dan saran perbaikan guru dan ahli terhadap desain atau prototipe media Arabic Treasure Hunter.Manfaat dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Arabic Treasure Hunter untuk membantu siswa kelas VIII MTs dalam belajar keterampilan membaca bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development) tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media Arabic Treasure Hunter untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs yang terdiri dari tiga المهنة الطبية dan ,(olahraga pemain) اللاعبون الرياضيون ,(profesi) المهنة yaitu tema (profesi kedokteran). Kedua, prototipe media Arabic Treasure Hunter dikembangkan dengan dua bagian meliputi (a) fisik media Arabic Treasure Hunter, terdiri dari bentuk, ukuran dan desain media; dan (b) bagian isi yang terdiri dari kosakata, materi, tata bahasa, dan evaluasi. Ketiga, penilaian Aspek isi memperoleh nilai rata-rata 84,97. Aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 82,39. Aspek penilaian kontekstual memperoleh nilai rata-rata 83,65. Aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 83,05. Aspek fisik media memperoleh nilai rata-rata 83,68. Nilai ratarata dari keseluruhan aspek kelayakan media adalah 83,54 pada rentangan nilai 71- 85 mencapai skala 3 dengan kategori layak (sesuai). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Arabic Treasure Hunter layak digunakan sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Arabic Treasure Hunter, Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab, Siswa kelas VIII
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:03
Last Modified: 09 Jan 2020 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34396

Actions (login required)

View Item View Item