EFEKTIVITAS PERMAINAN HUMAN SENTENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT PADA SISWA MAN 1 SEMARANG KELAS LINTAS MINAT


Eva Lelana Sari, 2302414040 (2018) EFEKTIVITAS PERMAINAN HUMAN SENTENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT PADA SISWA MAN 1 SEMARANG KELAS LINTAS MINAT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2302414040dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola kalimat atau gramatika Bahasa Jepang adalah ketetapan atau aturan untuk membuat kalimat yang benar. Ranah pola kalimat atau yang dalam bahasa Jepang disebut bunkei (文型) masuk dalam kajian gramatika atau tata bahasa yang dalam bahasa Jepang disebut bunpou ( 文法 ). Bahasa Jepang memiliki gramatika yang berbeda dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Ciri khas bahasa Jepang yang sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia, membuat pembelajar bahasa Jepang pemula mengalami kesulitan. Tidak terkecuali pada pembelajar bahasa Jepang di MAN 1 Semarang, khususnya pada kelas lintas minat (berdasarkan studi pendahuluan pada Oktober 2017). Sebagai pembelajar bahasa Jepang tingkat pemula, banyak kendala yang dialami, terutama dalam memahami pola kalimat dan memproduksi kalimat. Oleh sebab itu perlu ada inovasi dalam pembelajaran bahasa asing agar lebih menarik perhatian siswa serta mampu memberikan latihan keterampilan berbahasa. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui permainan human sentence yang berbasis latihan pola kalimat. Cara memainkan permainan ini ialah sekelompok siswa yang masing-masing membawa kosakata dalam media, kemudian berjajar membentuk kalimat yang padu. Penelitian ini bertujuan mencari efektivitas permainan human sentence dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang kelas Lintas Minat MAN 1 Semarang, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan permainan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI lintas minat di MAN 1 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIK 2 dengan jumlah 36 siswa, menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes dan angket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen atau esperimental. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan jika permainan human sentence efektif dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat pada kelas lintas minat di MAN 1 Semarang. Selain itu permainan human sentence memiliki banyak kelebihan, diantaranya siswa dapat lebih mudah memperlajari dan mengingat pola kalimat yang sudah diajarkan; siswa memperoleh kegembiraan belajar sehingga tidak mudah bosan; serta siswa dapat berinteraksi aktif dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, permainan human sentence, pemahaman pola kalimat
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:41
Last Modified: 09 Jan 2020 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34393

Actions (login required)

View Item View Item