PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PRAKTIKAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Nourma Yunita Salim, 2302414018 (2018) PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PRAKTIKAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2302414018dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (631kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangatlah penting. Media merupakan salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Tetapi media pembelajaran belum tentu sesuai dengan kemampuan siswa dan belum bisa membantu atau diterima oleh siswa. Sehingga perlu diketahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran agar guru dan mahasiswa dapat memilih serta menggunakan media pembelajaran dengan baik dan benar. Terkadang guru kurang mempersiapkan bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran. Bagi mahasiswa praktikan tidak jarang merasa kesulitan dan kurang maksimal dalam mempersiapkan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kurang efisien dan kurang kreatif dapat menimbulkan berbagai persepsi. Dalam penelitian ini akan dikaji persepsi siswa terhadap media pembelajaran dengan pendekatan yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 10% dari total siswa yang pernah diajar oleh mahasiswa praktikan di SMAN 10 Semarang berjumlah 28 siswa, SMAN 15 Semarang berjumlah 31 siswa, SMAN 16 Semarang berjumlah 31 siswa, SMA YSKI Semarang berjumlah 18 siswa, dan MAN 1 Semarang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa mengenai persepsi siswa terhadap media yang digunakan mahasiswa praktikan Pendidikan Bahasa Jepang Unnes secara keseluruhan berada pada kategori tinggi sebesar 76,7%. Dengan rincian perhitungan keseluruhan indikator yaitu penggunaan media pembelajaran (77,023%), dan indikator pemilihan media pembelajaran (75,84%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang digunakan mahasiswa praktikan dikatakan baik dalam menggunakan dan menyajikan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Media Pembelajaran, Mahasiswa Praktikan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:20
Last Modified: 09 Jan 2020 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34390

Actions (login required)

View Item View Item