Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005


Siti Anisa, 1314000030 (2005) Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005]
Preview
PDF (Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005) - Updated Version
Download (78kB) | Preview

Abstract

Hasil survei penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang menunjukkan sikap-sikap kurang bertanggungjawab baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Mereka sering terlambat, tidak mengikuti pelajaran pada jam-jam tertentu, tidak memanfaatkan jam kosong untuk belajar, tidak membantu orangtua dengan kesadaran sendiri, kurang disiplin dalam belajar dan kurang aktif dalam kegiatan dimasyarakat seperti IPNU-IPPNU. Kemandirian seseorang akan tumbuh dan berkembang dengan dirinya melalui pendidikan di dalam keluarga, dalam hal ini orangtualah yang harus dapat memberikan bimbingan serta pengarahan secara tepat kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecenderungan pola asuh orangtua, mengetahui kemandirian siswa, mengetahui ada tidaknya kontribusi pola asuh orangtua terhadap kemandirian siswa dan mengetahui pola asuh jenis mana yang paling besar kontribusinya terhadap kemandirian siswa. Hipotesis yang diajukan “Ada kontribusi pola asuh orangtua terhadap kemandirian siswa kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Tegal sebanyak 311 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random acak sederhana dengan ukuran 25% dari populasi dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Variabel yang diteliti meliputi pola asuh orangtua sebagai variabel bebas dan kemandirian sebagai variabel terikat. Data tentang pola asuh orangtua dan kemandirian diambil dengan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua siswa kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal cenderung menggunakan pola asuh demokratis, hal ini dapat dilihat dari pola asuh demokratis yang memperoleh persentase tertinggi yaitu 74,62%, selanjutnya pola asuh otoriter dengan persentase 59,80% dan terakhir pola asuh permissif dengan persentase 57,74%. Kemandirian siswa kelas II yang diasuh dengan pola asuh demokratis memiliki kemandirian yang baik dengan bobot persentase skor 73,70%. Hasil analisis memperoleh koefisien korelasi 0,6163. Uji signifikansi koefisien korelasi ganda dengan uji F diperoleh Fhitung = 15,108 > Ftabel = 2,71. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa ada kontribusi antara pola asuh orangtua dengan kemandirian siswa. Besarnya kontribusi tersebut yaitu 37,98% dengan rincian : 8,83% adalah kontribusi pola asuh otoriter, 17,83% adalah kontribusi pola asuh demokratis, dan 11,32% adalah kontribusi pola asuh permissif. Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran antara lain : 1) Bagi orangtua dalam mengasuh anak hendaknya menekankan pola asuh demokratis, utamanya dalam beberapa hal yang masih dapat dirundingkan atau tawar menawar antara orangtua dengan anak. Selain itu pada beberapa hal yang ada aturan pasti dari agama atau negara maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat hendaknya menggunakan pola asuh otoriter untuk melatih kedisiplinan anak, dan 2) Guru hendaknya mampu mengembangkan demokratisasi dalam kegiatan belajar, kepada siswa yang memiliki tingkat kemandirian yang berbeda, misal: memberikan kesempatan kepada siswa untuk membahas dan mengemukakan hasil tersebut, memberikan reward, pujian dari hasil pekerjaan siswa tersebut. Dengan memberikan tugas dan kesempatan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, sehingga siswa lebih bertanggung jawab akan tugas dan kewajibannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:28
Last Modified: 16 Aug 2011 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item