PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS DAHLIA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN


Siska Nur Rochmah Widyastuti , 1401412042 (2019) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS DAHLIA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS DAHLIA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS DAHLIA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (622kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan SD Gugus Dahlia Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen memiliki fasilitas di dalamnya yang sudah sangat membantu siswa maupun guru untuk menambah ilmu pengetahuan dan menjadikan bahan koleksi perpustakaan sebagai referensi guna memperlancar proses belajar mengajar. Namun, meskipun perpustakaan SD Gugus Dahlia Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen memiliki kelengkapan fasilitas dan bahan koleksi, pengunjung yang datang ke perpustakaan masih sangat jarang dan ini menjadi daya tarik bagi peneliti untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah yang ada di SD Gugus Dahlia Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen tersebut dalam melaksanakan fungsinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu petugas perpustakaan, kepala sekolah, kondisi,dankegiatan yang terjadi di dalam perpustakaan serta masyarakat sekolah yang memanfaatkan perpustakaan SD Gugus Dahlia Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Gugus Dahlia Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen memiliki perpustakaan yang telah melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya. Dimana perpustakaan memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatifdantanggungjawab. Padafungsiedukatif, siswadan guru dapat menggunakan fasilitas dan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar dan penunjang serta memperlancar proses pembelajaran. Fungsi rekreatif dirasakan oleh siswa pada saat merasakan bosan selama pembelajaran dalam kelas, dengan adanya perpustakaan dan koleksi yang bermacam-macam maka siswa merasa terhibur. Fungsi informative dimanfaatkan oleh siswa untuk mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan selain dari pendidik. Selain itu siswa dituntut untuk mempertanggungjawabkan koleksi perpustakaan yang dipinjam dan ini merupakan fungsi tanggung jawab dari sebuah perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan; perpustakaan sekolah; sumber belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 13:30
Last Modified: 08 Jan 2020 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item