HUBUNGAN ANTARA KEPEKAAN HUMOR DAN KREATIVITAS DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG


Rahmadiyanti P W , 1301415042 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPEKAAN HUMOR DAN KREATIVITAS DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KEPEKAAN HUMOR DAN KREATIVITAS DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KEPEKAAN HUMOR DAN KREATIVITAS DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Download (947kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fenomena yang terjadi pada siswa-siswi SMK Negeri 11 Semarang. Fenomena-fenomena tersebut berhubungan dengan kematangan emosi. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru BK SMK Negeri 11 Semarang menyatakan presentasi permasalahan yang dihadapi siswa menyangkut tentang kematangan emosi pada tahun 2018 yaitu siswa kelas XI paling banyak mengalami permasalahan yaitu sebesar 43%, sedangkan siswa kelas X sebanyak 30% dan siswa kelas XII sebanyak 27%. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat dan hubungan antara kepekaan humor dan kreativitas dengan kematangan emosi siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional yang menggunakan alat pengumpul data yaitu skala pikologis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dihitung berdasarkan Issac Table dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 213 siswa dari 559 siswa yang menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Cluster Sampling. Koefisien validitas instrument adalah 0,339 dengan nilai cronbach alpha 0,806 dan 0,902. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kematangan emosi, skala kepekaan humor, dan skala kreativitas. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data regresi berganda. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang menunjukan tingkat kematangan emosi siswa masuk pada kategori sedang dengan (M = 2,653), tingkat kepekaan humor siswa rendah dengan (M = 2,489), dan tingkat kreativitas siswa masuk pada kategori sedang dengan (M = 2,703). Sedangkan hasil dari analisis regresi ganda menunjukan terdapat hubungan positif antara kepekaan humor dengan kematangan emosi siswa kelas XI dengan (= 0,341, T = 7,618, p = < 0,05), terdapat hubungan positif antara kreativitas dengan kematangan emosi siswa kelas XI dengan (β = 3,57, T = 6,052, p = < 0,05), dan yang terakhir terdapat hubungan positif antara kepekaan humor dan kreativitas dengan kematangan emosi siswa kelas XI dengan (R = 0,627 , F =102,596, p = < 0,05). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan identifikasi fenomena dalam bidang pendidikan dan menjadi salah satu acuan guru BK dalam penyusunan layanan BK di sekolah khususnya pada bidang pribadi dan sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kematangan emosi; kepekaan humor; kreativitas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 13:28
Last Modified: 08 Jan 2020 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34386

Actions (login required)

View Item View Item