PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI ANTARA SISWA KELAS REGULER DENGAN SISWA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON


Roichatul Jannah , 1301414123 (2019) PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI ANTARA SISWA KELAS REGULER DENGAN SISWA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI ANTARA SISWA KELAS REGULER DENGAN SISWA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON]
Preview
PDF (PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI ANTARA SISWA KELAS REGULER DENGAN SISWA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON) - Published Version
Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di masyarakat yang menganggap cara berinteraksi sosial dan penyesuaian diri pada siswa kelas reguler dan siswa kelas full day di MAN 1 Kabupaten Cirebon berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat interaksi sosial dan perbedaan tingkat penyesuaian diri pada siswa kelas reguler dan siswa kelas Full Day. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif komparatif. Populasi yang digunakan berjumlah 600 siswa dari kelas X, XI, dan XII MIA reguler dan Full Day. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikproportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 221 responden siswa kelas X, XI, XII MIA reguler dan MIA Full Day. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis (skala interaksi sosial dan skala penyesuaian diri). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan Uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat interaksi sosial pada 147 siswa kelas reguler rata- rata berada pada kategori tinggi sebesar 84% yakni sebanyak 124 siswa, sementara dari 74 siswa kelas Full Day berada pada kategori tinggi sebesar 89% sebanyak 66 siswa, (2) Tingkat penyesuaian diri siswa kelas reguler rata- rata berada pada kategori sedang sebesar 54% yakni sebanyak 79 siswa, sedangkan sebesar 69% siswa kelas full day berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 51 siswa, (3) Hasil Uji Mann Whitney interaksi sosial adalah sebesar 4.592, diperoleh Pvalue sebesar 0,059 > 0,05, yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara siswa kelas reguler dan full day, dan hasil uji Mann Whitney penyesuaian diri sebesar 4.747, diperoleh Pvalue 0,123 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas reguler dan full day.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Penyesuaian Diri, Siswa Kelas Reguler dan Full Day
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 12:59
Last Modified: 08 Jan 2020 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item