KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG


Dina Hanifa , 1401414116 (2019) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG) - Published Version
Download (866kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena rendahnya motivasi belajar siswa di MA Al Asror Semarang. Motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan, dan berusaha mengadakan perubahan tingkah laku dalam proses belajar yang lebih baik secara terus menerus demi mencapai suatu tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Sampel yang digunakan berjumlah 9 siswa kelas XII MA Al Asror Semarang yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok teknik bibliokonseling mengalami peningkatan rata-rata sebesar18.43%. Hasil awal saat pretest sebesar 49.77%.% menjadi 68.20% saat postest. Selain itu, diperoleh data dari hasil uji wilcoxon yaitu nilai Asymp.sig 0.008 <0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Hal ini berarti bahwa bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al Asror Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu konselor sekolah dapat menerapkan dan mengembangkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik yang bervariasi salah satunya teknik bibliokonseling sebagai salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, bimbingan kelompok, teknik bibliokonseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2020 12:54
Last Modified: 08 Jan 2020 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34379

Actions (login required)

View Item View Item