HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS


Hayu Almar‟atus Sholihah , 1301414105 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (751kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Dalam hubungannya dengan orang lain, komunikasi interpersonal yang baik sangat di butuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal; (2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal; (3) hubungan konsep diri dan kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Kemranjen, dengan teknik proportionate stratified random sampling dan besar sampel (n=119). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan skala psikologis. Skala tersebut sudah di uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan Statisical Product and Services (SPSS) 21, sehingga layak dan dapat di percaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal (R= 0,321), terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal (R= 0,839), dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal (R= 0,342). Sehingga dapat di simpulkan: (1) semakin tinggi konsep diri siswa, maka akan semakin baik pula komunikasi interpersonal siswa, (2) semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka akan semakin baik pula komunikasi interpersonal siswa, dan (3) semakin tinggi konsep diri dan kecerdasan emosional siswa, maka akan semakin baik pula komunikasi interpersonal siswa. Disarankan agar Guru BK dapat memberikan layanan yang dapat meningkatkan komunikasi interpersonal, seperti memberikan layanan informasi yang dapat membantu siswa memahami konsep dirinya agar lebih positif dan memberikan layanan informasi pentingnya memiliki kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Jan 2020 20:32
Last Modified: 07 Jan 2020 20:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34375

Actions (login required)

View Item View Item