HUBUNGAN ANTARA LITERASI TEKNOLOGI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 CILACAP TAHUN AJARAN 2018/2019
Dyah Ayu Sekarini , 1301414091 (2019) HUBUNGAN ANTARA LITERASI TEKNOLOGI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 CILACAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA LITERASI TEKNOLOGI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 CILACAP TAHUN AJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (654kB) | Preview |
Abstract
Kemandirian belajar merupakan suatu kondisi individu dalam belajar yang dapat mengendalikan pembelajaran mereka sendiri. Kemajuan teknologi siswa dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat melalui gawai yang mereka miliki.Apakah terdapat hubungan kemampuan literasi teknologi dan kemandirian belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Cilacap? Seberapa tinggi tingkat kemandirian dan literasi teknologi pada siswa kelas IX? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris tentang hubungan kemampuan literasi teknologi dan kemandirian belajar kelas IX di SMP Negeri 5 Cilacap.Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kemandirian dan literasi teknologi pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 158 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala literasi teknologi dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi teknologi memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap variabel kemandirian belajar, dimana diperoleh nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung yang positif dan lebih besar dari t tabel yaitu 22,348 > 1,655. (2) apabila kemampuan literasi teknologi siswa tinggi maka kemandirian belajar siswa juga ikut tinggi begitu juga sebaliknya apabila kemampuan literasi teknologi siswa rendah maka kemandirian belajar siswa juga ikut rendah. Simpulan bahwa kemampuan literasi teknologi memiliki hubungan yang kuat dengan kemandirian belajar siswa. Bagi guru bk, dapat menjadi bahan masukan agar terus meningkatkan fasilitas demi kemandirian belajar siswa.Informasi hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, literasi teknologi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 19:49 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 19:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34369 |
Actions (login required)
View Item |