PEMANFAATAN WAKTU KONSELOR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI DI KABUPATEN CILACAP


Nirmala Puspa Sari , 1301414086 (2019) PEMANFAATAN WAKTU KONSELOR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI DI KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN WAKTU KONSELOR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI DI KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (PEMANFAATAN WAKTU KONSELOR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI DI KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena terdapat konselor sekolah yang hanya melaksanakan sebagian dari layanan dan kegiatan pendukung Bimbingan dan Konseling yang telah di susun dalam program Bimbingan dan Konseling, selain itu ada sekolah yang tidak memberi jam khusus untuk konselor sekolah masuk kelas, dan ada konselor sekolah yang kurang mengerti bagaimana melaksanakan layanan dan kegiatan pendukung Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alokasi pemanfaatan waktu konselor dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri di Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan design penelitian yang digunakan adalah survey longitudinal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konselor sekolah di SMP Negeri di Kabupaten Cilacap yang berjumlah 180 konselor dari 70 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling quota, dengan jumlah sampel 20 konselor (sesuai quota yang sudah ditentukan), 20 konselor tersebut dari 6 SMP Negeri yang tersebar di 3 kecamatan di kabupaten Cilacap, dari 20 konselor terdiri dari 7 konselor laki-laki, 13 konselor perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Log Book dan Wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis anova repeated measures. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu konselor dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri di Kabupaten Cilacap belum sesuai dengan panduan operasional penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP tahun 2016. Dalam tiga kali assesmen diketahui bahwa terdapat peningkatan pemanfaatan waktu layanan dasar (F=5,974 ;<0,01), dan terdapat peningkatan pemanfaatan waktu layanan responsif (F=6,837 ;<0,05), sedangkan layanan perencanaan individual, dukungan sisten, dan non layanan bimbingan konseling tidak terdapat peningkatan. Bagi konselor disarankan untuk mengalokasikan pemanfaatan waktu konselor dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan panduan operasional penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP tahun 2016, konselor fokus terhadap semua komponen layanan dan mereduksi kegiatan non layanan Bimbingan Konseling yang tidak terlalu relevan dengan Bimbingan Konseling, dan dalam memberikan layanan Bimbingan Konseling ke arah pendekatan perkembangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan waktu, konselor sekolah, pelayanan bimbingan dan konseling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Jan 2020 19:21
Last Modified: 07 Jan 2020 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34367

Actions (login required)

View Item View Item