KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE NUMBERED HEADS TOGETHER MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 3 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN
Ani Isnani , 1301414068 (2019) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE NUMBERED HEADS TOGETHER MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 3 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE NUMBERED HEADS TOGETHER MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 3 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN)
- Published Version
Download (589kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun yang menunjukkan bahwa tingkat kepedulian sosial siswa rendah, dengan indikator kurang mampu menerima hal baik dan buruk pada individu lain, kurang dapat menjalin hubungan dekat dengan individu lain, kurang dapat bekerjasama dan berempati dengan baik, serta kurang ikut berpartisipasi dan mendisiplinkan diri dengan aktif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris keefektifan bimbingan klasikal metode numbered heads together untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kutowinangun. Manfaat penelitian untuk mengembangkan ilmu dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepedulian sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepedulian sosial siswa kelas VIII sebelum mengikuti bimbingan klasikal metode numbered heads together sebesar 52% (kategori rendah). Setelah mengikuti bimbingan klasikal metode numbered heads together diperoleh hasil rata-rata persentase kepedulian sosial kelas VIII sebesar 78 % (kategori tinggi). Hasil uji t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (20,247 > 0,683), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terbukti bahwa bimbingan klasikal metode numbered heads together efektif digunakan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kutowinangun. Harapannya, bagi guru BK dapat mengembangkan metode layanan yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa. Bagi sekolah dapat memberikan fasilitas serta dukungan penuh terhadap program BK. Serta bagi peneli lain diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi pendukung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan klasikal metode numbered heads together, kepedulian sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 19:05 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 19:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34364 |
Actions (login required)
View Item |