Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006.


Retno Dwi Astuti, 1314000018 (2005) Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan alasan bahwa pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang mempengaruhi kemandirian siswa dalam belajar, dari latar belakang keluarga yang berbeda akan membentuk pola asuh orang tua yang berbeda-beda dan diprediksikan dari pola asuh orang tua yang berbeda-beda itu mempengaruhi kemandirian siswa dalam belajar. Secara kenyataan di SMA Negeri Sumpiuh belum pernah diadakan penelitian tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pola asuh Otoriter (X1), pola asuh demokratis (X2), pola asuh permisive (X3) sebagai variabel bebas dan kemandirian siswa dalam belajar (Y) kriterium sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 199 siswa. Dalam pengambilan sampel ditentukan 25 % dari populasi yakni sebanyak 50 siswa dan dalam pengambilan sampel tersebut menggunakan Propotional Random Sampling yang menjadi anggota sampel untuk masing-masing kelas dilakukan secara acak sederhana/undian. Metode pengumpulan data dengan skala psikologi yaitu skala pola asuh orangtua dan skala kemandirian siswa dalam belajar, analisis data yang terkumpul menggunakan analisis regresi ganda dengan tiga prediktor. Dari perhitungan yang dilakukan yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan tiga prediktor diperoleh harga Freg = 43,692 dan Ftabel = 2,81 pada taraf signifikan 5% , harga Freg > Ftabel , dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006 diterima dan kontribusi pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar sebesar 63,92 %. Hal ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya kemandirian siswa dalam belajar ditentukan oleh pola asuh orangtua sebesar 63,92% sedangkan sisanya 36,08 % ditentukan oleh faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kemandirian siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis mengajukan saran yaitu 1). Hendaknya untuk meningkatkan kemandirian anak dalam belajar orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan untuk penanaman nilainilai agama dengan pola asuh otoriter.2). Guru pembimbing lebih meningkatkan materi layanan dan bidang bimbingan mengenai belajar dan lebih memperhatikan siswa-siswa yang menunjukkan gejala kemandirian rendah dengan cara memberikan layanan konseling individual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:14
Last Modified: 16 Aug 2011 05:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item