ANALISIS PENGAJARAN BAHASA JEPANG OLEH NIHONGO PARTNERS DI SMA YSKI SEMARANG
Titi Rahayu, 2302414007 (2019) ANALISIS PENGAJARAN BAHASA JEPANG OLEH NIHONGO PARTNERS DI SMA YSKI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengajaran bahasa asing di sekolah yang didampingi oleh Nihongo Partners (masyarakat Jepang umum yang dikirim oleh The Japan Foundation untuk membantu pengajaran bahasa dan budaya Jepang di sekolah) memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan yang dimiliki seperti pelafalan yang tepat serta pengenalan budaya Jepang secara langsung oleh Nihongo Partners dan lainlain.Tetapi ada pula kelemahan yang dimiliki oleh Nihongo Partners seperti Nihongo Partners mengalami keterbatasan penguasaan bahasa ibu pembelajar dan pemahaman tentang karakter siswa. Seperti halnya pengajaran bahasa Jepang di SMA YSKI Semarang yang menggunakan Nihongo Partners. Di SMA YSKI Nihongo Partners berfungsi sebagai asisten pengajar guru lokal. Dimana tugas Nihongo Partners yaitu mengajarkan kosakata, pecakapan, latihan serta games. Tentu saja pengajaran bahasa Jepang yang dilakukan oleh Nihongo Partners pun memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pengajaran bahasa Jepang oleh Nihongo Partners di SMA YSKI tersebut, dilaksanakan observasi dengan mengamati kegiatan penyampaian materi, pemberian latian dan faktor penunjang kegiatan pengajaran bahasa Jepang oleh Nihongo Partners di SMA YSKI Semarang. Berdasarkan analisis data pengajaran Bahasa Jepang oleh Nihongo Partners di SMA YSKI Semarang dapat disimpulkan bahwa kelebihan yang dimiliki oleh Nihongo Partners antara lain pelafalan kosakata dalam bahasa Jepang yang tepat, kedisiplinan waktu, serta sikap afektif. Selain itu terdapat juga kelemahan dalam pengajaran bahasa Jepang oleh Nihongo Partners seperti volume suara Nihongo Partners yang kurang keras dalam beberapa pertemuan awal, namun terdapat perubahan volume suara pada tahap pertemuan selanjutnya sehingga Nihongo Partners melakukan pengajaran bahasa Jepang dengan suara yang keras dan jelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Pengajaran Bahasa Jepang, Nihongo Partners |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 15:13 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 15:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34358 |
Actions (login required)
View Item |