FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2017/2018


Yassir Azmy Argiansyah, 2302412012 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2302412012maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini terdapat banyak bahasa asing yang diajarkan ditingkat SMA dan sederajat, salah satunya adalah bahasa Jepang. Bentuk keberhasilan pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari prestasi belajar siswa, karena prestasi belajar menunjukkan hasil usaha yang telah dicapai siswa selama siswa melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah yang pada umumnya ditunjukkan dalam bentuk nilai. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa adalah dengan adanya ketetapan kriteria ketuntasan minimum yang telah ditentukan. Tinggi rendahnya nilai yang dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu intelegensi, minat, bakat, dan motivasi. Faktor eksternal adalah dari lingkungan keluarga yang meliputi orang tua dan suasana rumah, lingkungan sekolah yang meliputi guru, alat/media pembelajaran dan kurikulum. Permasalahan yang dikaji adalah faktor-faktor apa saja yang memperngaruhi dan seberapa besar faktor tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar, mengetahui seberapa besar faktor internal dan eksternal secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 01 Kendal tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 25 siswa. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah faktor internal, eksternal, dan prestasi belajar. Pengambiilan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil Uji keberartian parsial dengan Uji t diperoleh adanya pengaruh yang nyata antara faktor internal terhadap prestasi belajar siswa sebesar 37,4% dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa sebesar 52,5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Prestasi Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 14:29
Last Modified: 07 Jan 2020 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34353

Actions (login required)

View Item View Item