PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI LATIHAN PENDUKUNG DALAM MATA KULIAH CORRECTION PHONÉTIQUE ET PRONONCIATION MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR


Nuriati Fransiska, 2301414041 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI LATIHAN PENDUKUNG DALAM MATA KULIAH CORRECTION PHONÉTIQUE ET PRONONCIATION MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2301414041maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia menerapkan sistem kredit semester (SKS) yang artinya mahasiswa harus melaksanakan kegiatan belajar mandiri kurang lebih satu jam setiap minggu untuk setiap mata kuliah. Dalam memfasilitasi mahasiswa untuk kegiatan belajar mandiri, dosen memberikan tugas individual. Dari hasil wawancara dengan salah satu dosen bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang diketahui bahwa terdapat beberapa kesulitan dalam penerapan belajar mandiri terutama dalam hal pengawasan dan pemeriksaan tugas mandiri dikarenakan dosen membutuhkan waktu dalam melakukan koreksi. Hal ini membuat mahasiswa tidak dapat mengetahui secara langsung hasil latihan yang dilakukan dalam kegiatan belajar mandiri. Salah satu mata kuliah yang membutuhkan kegiatan belajar mandiri yaitu Correction Phonétique et Prononciation. Mata kuliah ini membutuhkan banyak latihan mandiri terutama untuk pembelajar pemula karena fonem bahasa Prancis berbeda dengan bahasa Indonesia. Namun, belum adanya media pembelajaran mandiri yang dapat memberikan hasil tes secara langsung merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan metode research and developement. Menurut Sugiyono (2017:30) terdapat sepuluh langkah penelitian yang harus dilakukan, namun peneliti hanya menggunakan tujuh langkah yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai latihan pendukung dalam kegiatan belajar mandiri untuk mata kuliah Correction Phonétique et Prononciation melalui Wondershare Quiz Creator yang terbagi dalam 7 folder. Folder ini berisi 4 folder latihan dan 3 folder tes. Latihan-latihan yang terdapat dalam media mengacu pada RPS mata kuliah Correction Phonétique et Prononciation. Hasil dari uji coba produk menunjukkan bahwa media ini dalam kategori “sangat baik” untuk uji coba materi dan kategori “baik” untuk uji coba komponen media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar mandiri, correction phonétique et prononciation, media pembelajaran.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 14:00
Last Modified: 07 Jan 2020 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item View Item