KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nur Afifah Ayu Lestari, 2301412025 (2018) KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2301412025maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi dihadapkan pada tuntutan akan mutu dan akuntablitas atas jasa pendidikan yang diberikannya, sehingga layanan bermutu harus diberikan untuk memuaskan pelanggannya. Layanan bimbingan akademik merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan memberiankan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa meningkatkan kecakapan berpikir dan kemandirian mahasiswa dalam belajar serta membantu mengembangkan bakat, minat dan potensi diri mahasiswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kepuasan mahasiwa terhadap kualitas layanan bimbingan akademik di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, UNNES. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur dan mendeskripsikan kepuasan mahasiwa terhadap kualitas layanan bimbingan akademik di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Variabel penelitian ini adalah kepuasan mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis terhadap kualitas layanan bimbingan akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Prancis tahun 2012-2018 yang diambil secara random. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian secara keseluruan menunjukkan bahwa kepuasan mah asiswa pendidikan Bahasa Prancis terhadap kualitas layanan bimbingan akademik termasuk dalam kategori Cukup Puas (66%). Jika dideskripsikan, mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis merasa Cukup Puas terhadap layanan bimbingan akademik di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Unnes. Nilai yang diperoleh dari tiap sub variabel yaitu: 1) sub variabel bimbingan dan konseling akademik berkategori Cukup Puas (67%), 2) sub variabel bimbingan dan konseling pribadi termasuk dalam kategori Cukup Puas (59%), 3) sub variabel pengajaran termasuk dalam kategori Cukup Puas (67%), dan 4) sub variabel bimbingan penulisan karya ilmiah termasuk dalam kategori Puas (75%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan mahasiswa, Kualitas layanan, Layanan Bimbingan Akademik
Subjects: P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:40
Last Modified: 07 Jan 2020 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item View Item