KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
Terra Lailani , 1301413124 (2019) KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas VII A di SMP Negeri 22 Semarang, pada saat peneliti berada di lapangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan layanan penguasaan konten teknik homeroom untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa di SMP Negeri 22 Semarang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kemampuan komunikasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan uji beda (T-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa menengah pertama (SMP) sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik homeroom masuk dalam kategori sedang yaitu dengan 66%. Setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik homeroom masuk pada kategori tinggi yaitu 80%. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat peningkatan sebanyak 14% dalam kemampuan komunikasi siswa SMP Negeri 22 Semarang. Dengan demikian kemampuan komunikasi siswa meningkat secara signifikan (t(35)= -9,721, p<0,05) melalui layanan penguasaan konten teknik homeroom. Hal ini ditandai dengan siswa lebih terbuka terhadap temannya, siswa memiliki empati, peka dengan situasi kelas, tidak memilih-milih teman, memberikan dukungan kepada teman-teman. Simpulan penelitian adalah layanan penguasaan konten dengan teknik homeroom efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan layanan penguasaan konten teknik homeroom dengan secara berkala di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi, layanana penguasaan konten, teknik homeroom. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 12:21 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 12:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34338 |
Actions (login required)
View Item |