PENGARUH INTELEGENSI UMUM DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 26 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Saffaah At-tarisul Islamiy , 1301413083 (2019) PENGARUH INTELEGENSI UMUM DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 26 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilaksanakan berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 26 Semarang yang ditunjukkan dari faktor intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran intelegensi umum di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun 2017/2018, (2) Bagaimana gambaran pergaulan teman sebaya di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun 2017/2018, (3) Bagaimana gambaran perilaku belajar di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun 2017/2018, (4) Seberapa besar pengaruh intelegensi umum terhadap perilaku belajar di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun ajaran 2017/2018, (5) Seberapa besar pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun ajaran 2017/2018, (6) Seberapa besar pengaruh intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar pada siswa SMP Negeri 26 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Populasi adalah siswa SMP Negeri 26 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non probability sampling, Sedangkan teknik sampel yaitu sampling purposive. Sampel ini berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang yang berjumlah 283 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan dokumentasi. Data variabel yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar siswa di kelas VIII pada SMP Negeri 26 Semarang secara simultan sebesar 36,7%. Pada intelegensi umum terhadap perilaku belajar siswa secara parsial berpengaruh sebesar 18,83%. Sedangkan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar siswa secara parsial berpengaruh sebesar 7,78%. Simpulan penelitian ini adalah intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa di kelas VIII pada siswa SMP Negeri 26 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Belajar, Intelegensi Umum, Pergaulan Teman Sebaya |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 12:15 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 12:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34332 |
Actions (login required)
View Item |