PENGARUH REGULASI EMOSI DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 1 PAGERUYUNG KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019


Rifana Rizki Septiawan , 1301413082 (2019) PENGARUH REGULASI EMOSI DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 1 PAGERUYUNG KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1301413082maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kasus kenakalan remaja yang semakin mengkhawatirkan, yang lebih banyak dilakukan oleh anak usia 13-17 tahun. Hal tersebut dikarenakan dari lingkungan siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, apalagi untuk siswa SMP sedang mencari hal yang baru bagi dirinya. Emosi merekapun masih dalam katagori labil dengan keadaan dilingkungan, Sangat mudah terpengaruhi oleh hal-hal yang negatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi terhadap kenakalan remaja, pengaruh penyesuaian sosial terhadap kenakalan remaja, serta pengaruh regulasi emosi dan penyesuaian sosial terhadap kenakalan remaja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi yang ada berjumlah 554 siswa maka sesuai dengan tabel Isaac dan Michel dengan menggunakan taraf 5% kesalahan jumlah sampel diambil adalah 213 siswa, yang diperoleh menggunakan teknik sampel berstrata atau bisa disebut dengan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kenakalan remaja, skala regulasi emosi dan skala penyesuaian sosial yang masing-masing reliabilitasnya 0.735, 0.737, dan 0.738. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis linier berganda Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh regulasi emosi terhadap kenakalan remaja pada siswa di SMP N 1 Pageruyung Kendal. Semakin tinggi regulasi emosi siswa maka semakin rendah tingkat kenakalan remaja pada siswa. (2) Ada pengaruh penyesuaian sosial terhadap kenakalan remaja pada siswa di SMP N 1 Pageruyung Kendal. Semakin tinggi penyesuaian sosial yang dimiliki siswa maka semakin rendah tingkat kenakalan remaja pada siswa. (3) Ada pengaruh regulasi emosi dan penyesuaian sosial terhadap kenakalan remaja pada siswa di SMP N 1 Pageruyung Kendal. Semakin tinggi regulasi emosi dan penyesuaian sosial yang dimiliki oleh siswa maka semakin rendah tingkat kenakalan remaja pada siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada Guru BK untuk lebih memperhatikan perkembangan siswa-siswanya di sekolah. Serta dapat memberikan layanan informasi mengenai dampak kenakalan remaja dan layanan penguasaan konten mengenai cara mengelola emosi serta bagaimana peranan anak dalam kingkungan yang ada di sekitar, sebagai upaya untuk mencegah kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kenakalan remaja; penyesuaian sosial; regulasi emosi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 12:04
Last Modified: 07 Jan 2020 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34328

Actions (login required)

View Item View Item