STUDI TENTANG MANAJEMEN PROGRAM HOMESCHOOLING PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ANUGRAH BANGSA DI KOTA SEMARANG


Fauziya Ulfa Prisista , 1201414063 (2018) STUDI TENTANG MANAJEMEN PROGRAM HOMESCHOOLING PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ANUGRAH BANGSA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1201414063maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Homeschooling menjadi salah satu pendidikan alternatif yang masuk dalam jalur pendidikan nonformal. Homeschooling dinilai memiliki waktu belajar yang fleksibel dan sesuai dengan bakat minat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen yang berkaitan dengan (1) perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, serta pengembangan dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen homeschooling di PKBM Anugrah Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pengawas internal lembaga dan ketua PKBM. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah dua orangtua murid dan dua tutor. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian manajemen homeschooling menunjukan bahwa: (1) manajemen (a) perencanaan melibatkan seluruh elemen internal lembaga, (b) pengorganisasian dilaksanakan sesuai job desk dan sudah terdapat struktur organisasi yang tertera di sekolah, (c) penggerakan dilakukan dengan memotivasi oleh ketua PKBM kepada tutor dan karyawan dalam sebuah pertemuan, (d) pembinaan dilakukan oleh pengawas internal dan ketua PKBM dengan diadakan pelatihan, (e) penilaian dilakukan oleh pengawas untuk ketua PKBM dan tutor dengan standar penilaian yang telah ditetapkan serta tutor menilai peserta didik dari aspek afektif, kognitif, psikomotor, (f) pengembangan secara internal belum dilakukan secara optimal. (2) Faktor pendukung manajemen homeschooling di PKBM Anugrah Bangsa yakni (a) sarana dan prasarana yang memadai, (b) partisipasi warga sekolah dan masyarakat yang turut serta mengikuti kegiatankegiatan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya (a) kurangnya tutor untuk mengajar visit, (b) kurangnya durasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen homeschooling dari tahap perencanaan hingga penilaian sudah dilakukan dengan baik, namun dalam tahap perencanaan dan pengembangan belum dilakukan secara optimal. Saran untuk homeschooling sebaiknya melibatkan orangtua dalam tahap perencanaan dan lebih memantapkan apa yang akan dikembangkan dalam lembaga. Sedangkan untuk masalah tutor sebaiknya pihak lembaga dapat menambahkan tutor yang khusus bertugas untuk visitasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Manajemen Program, PKBM.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:51
Last Modified: 07 Jan 2020 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34326

Actions (login required)

View Item View Item