PERAN TUTOR DALAM PEMBELAJARAN PELATIHAN SETIR MOBIL DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) SAHARA DEMAK


Faizal Dwiki Himawan , 1201414013 (2018) PERAN TUTOR DALAM PEMBELAJARAN PELATIHAN SETIR MOBIL DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) SAHARA DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1201414013maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga Kursus dan Pelatihan merupakan bentuk pendidikan berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dengan penekanan dan penguasaan keterampilan, standart kompetensi, pengembangan kewirausahaan serta pengembangan kepribadian yang profesional. Dalam Lembaga Kursus dan Pelatihan dibutuhkan tutor agar pembelajaran berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan pembelajaran peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mendeskripsikan dan menganalsis peran tutor dalam pembelajaran pelatihan kursus setir mobil di LKP Sahara Demak. (2) Menjelaskan faktor penghambat yang dihadapi oleh tutor dalam pembelajaran pelatihan setir mobil di LKP Sahara Demak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang tutor, dan 4 orang peserta didik di LKP Sahara Demak. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Verifikasi / Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran yang dibutuhkan dalam pembelajaran pelatihan setir mobil yaitu : 1) informator: Tutor selalu memberikan informasi yang baik dan efektif serta mampu mengetahui informasi apa yang dibutuhkan peserta didik tersebut , 2) Fasilitator: Tutor selalu mengelola suatu proses pertukaran informasi dalam suatu kelompok belajar dan berkomunikasi dengan peserta didik, 3) moderator: sebagai moderator tutor selalu memandu, mengatur, dan mengawasi pembelajaran kepada peserta didik, 4) Motivator: peserta didik selalu diberikan motivasi sesaat sebelum pelatihan dimulai karena agar peserta didik menjadi semangat dalam mengikuti pelatihan dan mampu menjalani pelatihan dengan baik, 5) evaluator: tutor selalu mengevaluasi secara sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, dan menyajikan informasi agar diketahui oleh peserta didik mana yang kurang sehingga nantinya peserta didik mengetahui kesalahannya dan mampu dievaluasi agar menjadi lebih baik. Dari hasil kelima metode tersebut yang paling berpengaruh dalam pembelajaran pelatihan adalah informator dan motivator karena sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang memerlukan nformasi yang baik dan mendapatkan motivasi saat pelatihan. Simpulan dari penelitian ini adalah peran tutor LKP Sahara selalu memberikan metode ke peserta didik pelatihan setir mobil agar pembelajaran berjalan efektif. Tutor sangat berupaya agar pembelajaran peserta didik selalu mengalami agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Saran untuk LKP Sahara yaituTutor diharapkan selalu memberikan materi yang sesuai dengan peserta didik seperti apabila peserta didik dari kalangan orang tua maka tutor bisa memberikan materi yang mudah dipahami, maka dari itu tutor diharapkan selalu bisa memandu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Tutor, Pembelajaran, Pelatihan, dan Kursus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:45
Last Modified: 07 Jan 2020 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34325

Actions (login required)

View Item View Item