PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SPINNING WHEEL BERBASIS MODEL 4D PADA MATERI PELAJARAN ALAT PANCA INDERA MANUSIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR


Ahmad Iqbalul Ulya , 1102414114 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SPINNING WHEEL BERBASIS MODEL 4D PADA MATERI PELAJARAN ALAT PANCA INDERA MANUSIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414114maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang dan tidak variatif media belajar dan sumber bahan ajar di MIN 6 Demak sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik. Guru kurang memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar maka dapat dilakukan dengan cara membuat media pembelajaran game. Salah satu media pembelajaran yang menarik digunakan adalah game (permainan). Permainan memungkinkan adanya partisipasi aktif dari siswa untuk belajar. Pada penelitian ini peneliti mengambil fokus penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran game spinning wheel berbasis model 4D pada materi pelajaran alat panca indera manusia di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game spinning wheel berbasis model 4D pada materi pelajaran alat panca indera manusia serta mengetahui kelayakan media pembelajaran game spinning wheel berbasis model 4D pada siswa kelas v sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MIN 6 Demak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor validasi ratarata ahli media yaitu 92,61% dengan kategori sangat baik dilihat dari aspek rekayasa perangkat lunak, aspek visual, aspek audio, aspek game (permainan). Persentase skor validasi rata-rata ahli materi yaitu 95,54% dengan kategori sangat baik dilihat dari aspek kesesuain materi, aspek tujuan pembelajaran, aspek bahasa. Sedangkan persentase hasil angket umpan balik pengguna yaitu 89,06% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran game spinning wheel berbasis 4D sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Harapan peneliti untuk MIN 6 Demak yaitu guru harus bisa mengkondisikan siswanya saat proses pembelajaran agar siswa bisa memahami materi yang disampaikan dan guru sebagai fasilitator hendaknya meluangkan waktu untuk mempelajari pembuatan media pembelajaran agar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Pemilihan media pembelajaran yang menarik bisa meningkatkan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Model 4D, Alat Panca Indera Manusia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:40
Last Modified: 07 Jan 2020 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34324

Actions (login required)

View Item View Item