PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING EPLANT BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 KEDUNGTUBAN


Andik Saputra , 1102414085 (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING EPLANT BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 KEDUNGTUBAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414085maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 1 Kedungtuban terdapat beberapa kendala yang di alami oleh siswa maupun guru terutama pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kurangnya variasi metode mengajar, sarana prasarana dan keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran membuat proses belajar mengajar menjadi kurang efektif yang berdampak pada hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil produksi aplikasi mobile learning Eplant berbasis android dan seberapa efektif penerapanya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi dan menganalisis kebutuhan, perencanaan dan mengembangkan instrumen, merancang dan membuat mobile learning, penerapan pada pembelajaran, serta dilakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat. Hal ini dilihat dari hasil validasi aspek materi dan pembelajaran oleh ahli materi sebesar 97% dinyatakan sangat baik. Validasi aspek multimedia, tampilan program, pengalaman pengguna, aspek materi dan pembelajaran oleh ahli media bebesar 94% dinyatakan sangat baik dan penilaian siswa sebesar 87,4% dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas dengan uji t satu sampel diperoleh hasil perhitungan pada α = 5% dengan db = 51 diperoleh ttabel = 1,675 dan thitung = 2, 141, sehingga ttabel = 1,675 < thitung = 2, 141. Karena thitung > ttabel , maka Ha diterima. Kesimpulannya bahwa aplikasi mobile learning Eplant berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, Efektifitas, Ilmu Pengetahuan Alam, Mobile learning, Pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:23
Last Modified: 07 Jan 2020 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item