Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Pada Anak Asuh Angkatan I Di panti Asuhan Wira Adi Karya Tahun 2005.
Puan Maharani, 1314000010 (2005) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Pada Anak Asuh Angkatan I Di panti Asuhan Wira Adi Karya Tahun 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Pada Anak Asuh Angkatan I Di panti Asuhan Wira Adi Karya Tahun 2005.)
- Published Version
Download (73kB) | Preview |
Abstract
Pembimbing sosial di Panti Asuhan Wira Adi Karya Ungaran seringkali harus mengingatkan anak asuhnya untuk aktif mengikuti kegiatan belajarketerampilan di panti asuhan tersebut. Hal ini disebabkan belum tumbuhnya inisiatif atau kemandirian dalam diri anak. Upaya dalam rangka menumbuhkan kemandirian dapat dilakukan dengan cara menumbuhkan konsep diri positif dalam diri anak. Dengan memandang diri dan dunianya maka anak akan berperilaku yang mengarah pada pencapaian kepuasan dalam hidupnya. Mengacu dari kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan kajian tentang hubungan antara konsep diri dengan kemandirian pada anak asuh angkatan I di Panti Asuhan Wira Adi Karya Ungaran tahun 2005, dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan kemandirian. Diharapkan hasil penelitian ini akan dapat memberikan gambaran kepada panti asuhan tentang konsep diri dan kemandirian anak asuhnya sehingga akan mempermudah dalam menangani masalah anak asuh tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak asuh di Panti Asuhan Wira Adi Karya Ungaran periode I tahun 2005 yang berjumlah 100 orang. Sampel diambil secara random sampling dengan jumlah sample sebanyak 80 orang. Variabel yang diteliti ada dua yaitu konsep diri sebagai variabel bebas dan kemandirian sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunujukkan rata-rata konsep diri anak asuh di Panti Asuhan Wira Adi Karya Ungaran mencapai 67,34% dan termasuk kategori cukup baik. Rata-rata kemandirian anak asuh mencapai 64,42% dan termasuk kategori cukup baik pula. Hasil analisis korelasi Spearman Rank diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,6106.uji keberartian koefisien korelasi dengan uji Z diperoleh Zhitung = 5,43 > Ztabel = 1,96, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kemandirian pada anak asuh angkatan I di Panti Asuhan Wira Adi Karya Ungaran tahun 2005. Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran sebagai berikut: 1) bagi instruktur hendaknya meningkatkan layanan konseling pada materi pengenalan diri bagi anak asuh agar konsep diri mereka menjadi positif serta kemandiriannya meningkat 2) panti asuhan sebagai salah satu sarana pelayanan teknis hendaknya berupaya menggali, mengembangkan, meningkatkan dan memantapkan potensi-potensi anak terlantar serta putus sekolah dengan memberikan pelayanan yang bersifat bimbingan sosial, mental dan fisik serta keterampilan kerja agar anak asuh semakin mandiri dalam menyongsong masa depannya 3) bagi instruktur sebaiknya tidak hanya memberikan materi dan praktek keterampilan pada anak asuh saja tetapi juga harus bisa memahami dan memberikan kasih sayang kepada mereka 4) bagi instruktur sebaiknya bisa mengajarkan kepada anak asuh tentang apa saja yang berhubungan dengan kehidupan dan tidak menggantungkan diri dengan orang lain (mandiri) dan menerima diri apa adanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 05:04 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 05:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3432 |
Actions (login required)
View Item |