KEEFEKTIFAN METODE PDEODE DENGAN TOYS MODEL ORGANIC PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 3D DI SMK NEGERI 1 DEMAK


Fahrul Nur Hidayat , 1102414016 (2019) KEEFEKTIFAN METODE PDEODE DENGAN TOYS MODEL ORGANIC PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 3D DI SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414016maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah. Pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal dikarenakan guru yang masih menggunakan cara ceramah dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang optimal. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah keefektifan metode PDEODE efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik animasi 3D materi desain eksterior. Dengan bantuan media real 3D sebagai media bantu dalam pembuatan sebuah objek tiga dimensi dalam metode PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan one group pretest posttest design only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia SMK N 1 Demak tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah peserta didik XI Multimedia 1 SMK N 1 Demak yang dipilih dengan teknik sampling purposive dengan cara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 0,57 termasuk pada kategori sedang. Dengan hasil tersebut, maka pembelajaran dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya peningkatan hasil belajar. Sehingga metode PDEODE kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji paired sample t test dengan program SPSS, dapat dilihat bahwa output dari data pretest dan posttest. Untuk nilai pretest diperoleh rata-rata hasil belajar yakni 31,64, sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 70,72. Jumlah responden atau siswa yang dijadikan sampel sebanyak 25 orang siswa. Kemudian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode PDEODE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Animasi 3D.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode PDEODE, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:53
Last Modified: 07 Jan 2020 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item