Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang


Kukuh Wahyu Prasetyo , 1102414001 (2018) Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414001maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hadirnya berbagai sekolah yang menawarkan berbagai program unggulan dalam menghasilkan lulusan atau output peserta didik baik itu sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun suatu yayasan. Salah satunya adalah SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang yang merupakan sekolah bernuansa Islami dalam mengimplementasikan kurikulum Cambridge dalam pembelajaran di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Stakeholder SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang mamaknai kurikulum Cambridge dan bagaimana implementasi kurikulum Cambridge serta kendala yang ditemui dalam menerapkan kurikulum Cambridge dan solusi yang dilakukan SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang atas kendala tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tempat penelitian ini dilakukan di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator tim kurikulum Cambridge, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Teknik keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Stakeholder SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang memaknai kurikulum Cambridge secara beragam, Kurikulum Cambridge sebagai sarana pengajaran bahasa Inggris, sebagai bentuk program unggulan, sebagai penyedia bahan ajar, sebagai standar pendidikan internasional. Sedangkan, proses implementasi terjadi dalam pembelajaran dengan berpacu pada buku pedoman guru serta dilakukan dengan tidak mengintegrasikan muatan kurikulum Cambridge maupun kurikulum 2013. Hambatan maupun kendala yang dialami berasal dari dalam. Hambatan yang dialami seperti sumber daya manusia yaitu guru yang perlu mendapatkan pelatihan lebih lanjut dan kemampuan siswa yang terus perlu dilakukan pembiasaan, selain itu pengaturan alokasi waktu antara kedua kurikulum yang masih menjadi hambatan yang dialami dalam implementasi kurikulum Cambridge.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Kurikulum Cambridge, Pembelajaran, Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:28
Last Modified: 07 Jan 2020 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item View Item