STUDI KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH


Mukhammad Nurul Huda , 1102413036 (2018) STUDI KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102413036maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Dalam PERKALAN No. 5 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara terdapat empat kompetensi yang harus dikuasai yaitu Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Substansif. Penelitian berfokus pada kompetensi widyaiswara yang pertama yaitu Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Selanjutnya data dianalisis meliputi empat prosedur yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kompetensi pengelolaan pembelajaran widyaiswara sudah sesuai dengan PERKALAN No. 5 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Akan tetapi pada beberapa GBPP masih belum mencantumkan komponen referensi terkait materi terutama pada diklat teknis dan fungsional. Dalam GBPP yang disusun widyaiswara terdapat komponen baru yaitu indikator keberhasilan pada setiap pokok bahasan. Bahan ajar berfungsi sebagai materi pelengkap modul. Dalam menerapkan pembelajaran orang dewasa widyaiswara berusaha memposisikan diri sebagai fasilitator dan tidak menggurui dengan menggunakan komunikasi dua arah. Untuk memotivasi peserta diklat, diajak terjun dalam kegiatan sesuai tupoksi peserta sehingga peserta lebih termotivasi dalam hal mempelajari apa yang akan mereka kerjakan. Evaluasi menggunakan pertanyaanpertanyaan singkat untuk mengetahui pemahaman peserta diklat. (2) Faktor pendukung widyaiswara dalam mengelola pembelajaran yaitu sarana prasarana yang memadai di BPSDMD Provinsi Jateng. Kemudian faktor penghambatnya lebih ke hal teknis seperti hasil evaluasi widyaiswara terlambat sampai ke widyaiswara. Saran : (1) Pembuatan GBPP terutama untuk diklat teknis maupun fungsional disarankan untuk memperhatikan semua komponen apakah sudah tercantum semua apa belum, (2) Dalam membahas materi widyaiswara disarankan harus mengacu pada SAP agar tidak keluar dari pokok bahasan, (3) Untuk BPSDMD Provinsi Jawa Tengah disarankan agar hasil evaluasi widyaiswara sebaiknya segera disampaikan kepada widyaiswara untuk kebaikan dari peningkatan kompetensi widyaiswara. (4) Kegiatan supervisi akademik perlu ditingkatkan agar pengelolaan pembelajaran semakin berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Widyaiswara, Pengelolaan Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:22
Last Modified: 07 Jan 2020 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34312

Actions (login required)

View Item View Item