PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 GEYER
Centauri Christine Loviest , 1102412070 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TIK DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 GEYER. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (629kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah banyak memberikan manfaat bagi guru. Penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran juga dapat memotivasi siswa dalam mempelajari materi yang dianggap cukup sulit. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti, sarana dan prasarana untuk pembelajaran terintegrasi TIK di SMP Negeri 2 Geyer sudah mendukung. Hal tersebut terbukti dengan tersedianya laboratorium komputer, laboratorium bahasa, LCD proyektor di kelas, serta fasilitas laptop bagi guru. Usaha sekolah dalam menerapkan pembelajaran yang diintegrasikan dengan TIK ini tentunya perlu diikuti dengan pemahaman dan sikap positif dari guru. Dalam pembelajaran konvensional, guru IPA biasanya memanfaatkan gambar dan alat peraga untuk memberikan gambaran bagi siswa saat pelajaran sedang berlangsung. Namun, dengan berkembangnya teknologi, tentu keberadaan media yang lebih modern dapat dimanfaatkan guru untuk lebih memudahkan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan kendala yang dihadapi guru IPA dalam penerapan pembelajaran terintegrasi TIK di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. adapun informan dalam penelitian ini adalah 3 guru mata pelajaran IPA, kepala sekolah, dan juga guru TIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru IPA di SMP Negeri 2 Geyer dinilai siap dalam menjalankan pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK dimana para guru sudah terbuka dalam menerima penggunaan perangkat TIK dalam kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi guru IPA di SMP Negeri 2 Geyer dalam melaksanakan pembelajaran teintegrasi TIK sebagian besar disebabkan oleh masalah teknis, seperti sumber daya listrik yang kurang memadai sehingga sering terjadi anjlok dan kondisi alat yang digunakan. Kedua kendala dapat diatasi dengan adanya penambahan daya listrik serta perawatan terhadap fasilitas yang ada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru IPA, TIK |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 04:11 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 13:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34311 |
Actions (login required)
View Item |