HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN PROKASTINASI YANG TIDAK DISENGAJA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PATI JAWA TENGAH


Lina Prasetia , 1301414040 (2019) HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN PROKASTINASI YANG TIDAK DISENGAJA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PATI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN PROKASTINASI YANG TIDAK DISENGAJA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PATI JAWA TENGAH]
Preview
PDF (HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN PROKASTINASI YANG TIDAK DISENGAJA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PATI JAWA TENGAH) - Published Version
Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena penundaan pengerjaan tugas yang dilakukan dilakukan oleh beberapa siswa di sekolah. Prokrastinasi yang tidak disengaja adalah perilaku penundaan pengerjaan yang secara terus menerus dilakukan oleh siswa dan menimbulkan kebiasaan menunda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara goal orientation dengan prokrastinasi yang tidak disengaja di SMA Negeri se-kabupaten Pati Jawa Tengah, secara parisal maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 349 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu A 3 X 2 Achievement Scale Model dan Untentional Procastination Scale. Koefisien skala tersebut adalah 0,200-0,755 dan 0,430-0,721 dengan nilai alpha 0,901 dan 0,709. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara goal orientation dengan prokrastinasi yang tidak disengaja setelah dikontrol dengan jenis kelamin dan kelas (R = 0,233, F = 2,481, p <0,05) sebesar 14,4%. Secara spesifik terdapat 2 prediksi goal orientation yaitu pendekatan tugas berkorelasi negatif dengan prokrastinasi yang tidak disengaja ( β = -0,331, t = -2,465; p<0,05) dan penghindaran diri berkorelasi positif dengan prokrastinasi yang tidak disengaja (β = 0,300, t = 2,246; p<0,05). Disarankan agar guru BK dapat mendorong kesadaran siswa tentang pentingnya tujuan pembelajaran yang efektif dan memberikan kegiatan pencegahan dalam bentuk konseling kelompok kecil, konsultasi, dan konferensi keluarga dan untuk peneliti selanjutnya dapat melihat seberapa besar pengaruh penetapan tujuan, mekanisme perencanaan dalam pencapaian tujuan, mekanisme aspek tujuan terhadap prokrastinasi yang tidak disengaja dalam studi eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Goal Orientation, Prokrastinasi yang Tidak Disengaja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Jan 2020 20:35
Last Modified: 06 Jan 2020 20:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34309

Actions (login required)

View Item View Item