TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA BK PASCA PPL TERHADAP EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nurul Liyun , 1301414031 (2019) TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA BK PASCA PPL TERHADAP EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA BK PASCA PPL TERHADAP EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA BK PASCA PPL TERHADAP EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena hasil studi pendahuluan mahasiswa BK di Universitas Negeri Semarang khususnya angkatan 2014. Sebagian besar mahasiswa tidak melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling pada saat PPL di sekolah dan menyatakan bahwa dirinya tidak memahami evaluasi program bimbingan dan konseling. Hal ini tentunya berakibat pada pelayanan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman mahasiswa BK terhadap evaluasi program bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa BK angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang dengan populasi 120 mahasiswa dan yang menjadi sampel adalah 89 mahasiswa, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis pemahaman evaluasi program bimbingan dan konseling. Validitas diuji dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Alpha Cornbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman mahasiswa BK tentang konsep dasar evaluasi program bimbingan dan konseling berada pada kategori tinggi dengan perolehan skor rata-rata (M=3,57) dan pemahaman mahasiswa BK tentang prosedur pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling berada pada kategori sedang dengan perolehan skor rata-rata (M=3,07). Hambatan pelaksanaan evaluasi program BK yaitu pada pengambilan data dan manajemen waktu. Saran kepada lembaga/jurusan BK agar dapat memberikan bekal yang matang kepada mahasiswa mengenai pemahaman dan praktik sebelum melaksanakan PPL di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, mahasiswa bimbingan dan konseling, evaluasi program bimbingan dan konseling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jan 2020 15:25
Last Modified: 03 Jan 2020 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34287

Actions (login required)

View Item View Item