PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Fathful Firdha Kurniawan , 1301414028 (2019) PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari studi pendahuluan mengenai kejenuhan belajar di SMA Negeri se-Wilayah Semarang Barat yang menunjukkan 70,82% siswa mengalami kejenuhan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang benar mengenai tingkat konsep diri, dukungan sosial, kejenuhan belajar, pengaruh konsep diri terhadap kejenuhan belajar, pengaruh dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar dan pengaruh konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2110 siswa. Sampel penelitian sebanyak 304 siswa dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kejenuhan belajar, skala konsep diri, dan skala dukungan sosial. Uji validitas menggunakan validitas konstruk. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha menghasilkan nilai masing-masing skala 0,917, 0,881, dan 0,848. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata kejenuhan belajar siswa sebesar 3,48 berada dalam kategori tinggi, rata-rata konsep diri siswa sebesar 3,32 termasuk dalam kategori sedang, dan rata-rata dukungan sosial siswa sebesar 3,21 juga dalam kategori sedang. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan antara konsep diri terhadap kejenuhan belajar (R2=0,211; F=80,55; p= <0,05) dan juga antara dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar (R2= 0,201, F= 79,09, p= <0,05). Selanjutnya hasil analisis regresi ganda juga menunjukan adanya pengaruh negatif signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar (R2= 0,268, F= 55,128, p= <0,05). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa ada pengaruh konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar. Saran kepada Guru BK hendaknya memberikan layanan yang dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa, seperti layanan infomasi maupun kelompok yang bertema melatih konsep diri positif dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang ada untuk mengatasi kejenuhan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kejenuhan belajar, konsep diri, dukungan sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jan 2020 15:13
Last Modified: 03 Jan 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34286

Actions (login required)

View Item View Item