PENGARUH PLEASURE SEEKING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN CIREBON


Desi Anggraeni , 1301414023 (2019) PENGARUH PLEASURE SEEKING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PLEASURE SEEKING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN CIREBON]
Preview
PDF (PENGARUH PLEASURE SEEKING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN CIREBON) - Published Version
Download (738kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa sebanyak 61,11% siswa SMA sering melakukan penundaan terhadap tugas akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang benar mengenai tingkat pleasure seeking, dukungan social, prokrastinasi akademik, pengaruh pleasure seeking terhadap prokrastinasi akademik, pengaruh dukungan social terhadap prokrastinasi akademik dan pengaruh pleasure seeking dan dukungan social terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri se-Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian expost facto dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri se-Kabupaten Cirebon. Sampelnya berjumlah 387 siswa yang ditentukan berdasarkan perhitungan dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala pleasure seeking, angket dukungan social dan angket prokrastinasi akademik. Uji validitas dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabelitas dihitung dengan menggunakan rumus alpha cornbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif presentase dan analisis regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat pleasure seeking berada pada kecenderungan sedang, tingkat dukungan social yang tinggi dan tingkat prokrastinasi akademik yang sedang. Hasil analisis regresi ganda menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan antara pleasure seeking dan prokrastinasi akademik (R2=0,570, t=20,909, β=0,717), pengaruh negative signifikan antara dukungan social terhadap prokrastinasi akademik ( R2=0,016, t=-3,819, β= -0,131) .Selanjutnya hasil analisis regresi ganda juga menunjukan adanya pengaruh bersama antara pleasure seeking dan dukungan social terhadap prokrastinasi akademik (R=0,765, R2=0,586, F=271,286). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi perilaku pleasure seeking pada diri seseorang maka akan semakin tinggi pula prokrastinasi akademik siswa. Namun semakin tinggi dukungan social, membuat perilaku prokrastinasi akademik pada siswa menjadi rendah. Oleh Karena itu, disarankan bagi guru BK agar dapat membuat suatu program baik secara klasikal, kelompok atau individu berupa pemahaman mengenai pencegahan maupun penyelesaian dari perilaku prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pleasure seeking, dukungan social, prokrastinasi akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jan 2020 14:07
Last Modified: 03 Jan 2020 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item