HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN SELF EFFICACY DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Rizki Akhir Ramadhan , 1301414021 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN SELF EFFICACY DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN SELF EFFICACY DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (655kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pada data awal yang terjadi di SMK Negeri 10 Semarang yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kematangan karir yang rendah. Faktor yang dominan pada kematangan karir dari kepribadian seseorang yaitu konsep diri dan self efficacy. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui tingkat kematangan karir, (2) mengetahui tingkat konsep diri, (3) mengetahui tingkat self efficacy, (4) mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kematangan karir, (5) mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kematangan karir, (6) mengetahui hubungan antara konsep diri dan self efficacy pada siswa kelas XII SMK Negeri se-Wilayah Semarang Utara tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 205 siswa dari 487 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala konsep diri, skala self efficacy, dan skala kematangan karir. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas konstruk diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Cornbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik regresi ganda. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukan bahwa tingkat kematangan karir masuk dalam kategori sedang. Sedangkan konsep diri dan self efficacy masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis stiatistik inferensial menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kematangan karir (R=0,737, F=241,713, p=<0,01). Kemudian antara self efficacy dengan kematangan karir juga terdapat hubungan yang signifikan (R=0,706, F=201,595, p=<0,01). Begitu pula antara konsep diri dan self efficacy dengan kematangan karir juga mempunyai hubungan yang signifikan (R=0,765, F=142,603, p=<0,01). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan self efficacy dengan kematangan karir. Berdasarkan hasil tersebut maka guru BK disarankan dapat memberikan pelayanan bimbingan konseling dengan lebih baik untuk membantu siswa meningkatkan kematangan karirnya agar siswa mampu memilih karir lanjutan dengan baik dan benar sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kematangan karir, konsep diri, self efficacy. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 13:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 13:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34275 |
Actions (login required)
View Item |