PELAKSANAAN ASESMEN PADA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMP NEGERI KOTA SEMARANG (STUDI MIXED METHODS)


Heni Rahmawati , 1301414020 (2019) PELAKSANAAN ASESMEN PADA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMP NEGERI KOTA SEMARANG (STUDI MIXED METHODS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN ASESMEN PADA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMP NEGERI KOTA SEMARANG (STUDI MIXED METHODS)]
Preview
PDF (PELAKSANAAN ASESMEN PADA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMP NEGERI KOTA SEMARANG (STUDI MIXED METHODS)) - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pelaksanaan asesmen BK yang dilakukan pada guru BK di SMP Negeri Kota Semarang yaitu guru BK hanya melakukan asesmen pada siswa, analisis data asesmen dilakukan dengan melihat sepintas item pernyataan yang paling banyak dipilih siswa, keterbatasan waktu, fasilitas, dan tenaga. Guru BK hanya menggunakan satu jenis instrumen untuk mengumpulkan data asesmen, kesulitan mengembangkan instrumen sendiri serta kesulitan saat interpretasi hasil asesmen. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pelaksanaan asesmen BK yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri Kota Semarang serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan asesmen BK. Jenis penelitian adalah Mixed Methods dengan desain penelitian Sequential Explanatory. Populasi dalam penelitian ini ada semua guru BK di SMP Negeri Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian 30 guru BK dari 9 SMP Negeri di Kota Semarang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan asesmen yang dilakukan sudah baik dengan hasil persentase 72,42%. Akan tetapi, berdasarkan wawancara diketahui seperti ada faktor-faktor yang menjadi kendala guru BK dalam melaksanakan asesmen, seperti manajemen waktu yang belum baik, guru BK merangkap tugas, terlalu banyaknya siswa yang diampu, hasil analisis hanya dari satu instrumen dan instrumen lain hanya sebagai pelengkap administrasi, belum terstandarisasinya instrumen yang dikembangkan, dan guru BK kekurangan waktu dalam olah data serta analisis data. Pembahasan temuan ini diarahkan untuk merumuskan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan asesmen BK, sehingga dapat tercipta program BK yang efektif dan akuntabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen BK, program bimbingan dan konseling komprehensif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 02 Jan 2020 15:25
Last Modified: 02 Jan 2020 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34236

Actions (login required)

View Item View Item