KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS ) ( SURVEI PADA GURU TK SE KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG )


Novia Anjarsari , 1601415087 (2019) KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS ) ( SURVEI PADA GURU TK SE KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG ). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS ) ( SURVEI PADA GURU TK SE KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG )]
Preview
PDF (KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM ( SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS ) ( SURVEI PADA GURU TK SE KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG )) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar tingkat kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) survei pada guru TK di wilayah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran STEM pada guru TK di wilayah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain survei berdasarkan teori Singarimbun & Effendi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dalam bentuk skala Likert. Populasi sebanyak 116 guru. Sampel penelitian menggunakan desain Purposive Cluster Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25% dari total polulasi kemudian digenapkan menjadi 30 guru. Hasil data angket dikumpulkan dari keseluruhan guru kemudian diolah dan dikategorikan berdasarkan rentang persentase. Hasil analisis data bahwa terkait kesiapan sikap dan emosi atau Emotive-Ettitudinal Readiness, kesiapan kognitif atau Cognitive Readiness, kesiapan perilaku atau Behavioral Readiness. Kesiapan ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa sadar akan kekuatan dan kekurangan, adaptasi, dan antusiasme. Sedangkan faktor penghambatnya berupa rendahnya pengetahuan kognitif dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran, persepsi dan pemahaman konsep STEM yang masih rendah dan kurangnya diskusi dengan guru lain dan kurang kerja sama dengan mitra yang lebih berpengalaman di bidang pembelajaran STEM. Secara garis besar, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) survei pada guru TK di wilayah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang ini memiliki kesiapan sikap dan emosi atau Emotive-Ettitudinal Readiness, sebesar 70% pada kategori setuju atau siap, kesiapan kognitif atau Cognitive Readiness sebesar 69,33% pada kategori setuju atau siap, dan kesiapan perilaku atau Behavioral Readiness sebesar 65,11% pada kategori netral. Artinya kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada guru TK Se Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebesar 68,27% pada kategori setuju atau siap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Penerapan Pembelajaran, STEM
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:12
Last Modified: 31 Dec 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34220

Actions (login required)

View Item View Item