PERBEDAAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGELOLAAN MODEL KELOMPOK PADA KELAS INKLUSI


Tia Laila Akrima , 1601414113 (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGELOLAAN MODEL KELOMPOK PADA KELAS INKLUSI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGELOLAAN MODEL KELOMPOK PADA KELAS INKLUSI]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGELOLAAN MODEL KELOMPOK PADA KELAS INKLUSI) - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan kemampuan empati yang dimiliki anak usia dini dalam pengelolaan kelas model klasikal dan model kelompok pada kelas inklusi. Dalam pengelolalaan kelas model pembelajaran sangatlah penting untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman aman, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rumusan dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan kemampuan empati anak usia dini dalam pengelolaan kelas menggunakan model klasikal dan model kelompok pada kelas inklusi ?.Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan empati anak usia dini dalam pengelolaan kelas inklusi menggunakan model klasikal dan model kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif studi dengan subjek penelitian anak usia 4-8 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di dua lembaga pendidikan anak usia dini yaitu TK Talenta Semarang dan TK Pertiwi 49 Semarang dengan jumlah responden 48 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Kemampuan Empati, dengan analisis menggunakan metode Independent Sample t-Test. Hasil perhitungan menggunakan Independent Sample t-Test mendapat nilai Sig. (2-tailed) <0.05 (0.046 dan 0.048> 0.05), sehingga uji hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan empati anak usia dini ditinjau dari model pembelajaran. Kemampuan empati anak usia dini yang menggunakan pengelolaan kelas inklusi dengan model klasikal lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan empati anak usia dini yang menggunakan model kelompok pada kelas inklusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan empati, model kelompok, model klasikal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:13
Last Modified: 31 Dec 2019 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34219

Actions (login required)

View Item View Item