PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEKERJAAN ORANG TUA SEBAGAI PEMBUAT MINUMAN BERALKOHOL (Studi Kasus di Desa Ngombakan, Polokarto, Sukoharjo)


Lenny Marliyani , 1601414108 (2019) PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEKERJAAN ORANG TUA SEBAGAI PEMBUAT MINUMAN BERALKOHOL (Studi Kasus di Desa Ngombakan, Polokarto, Sukoharjo). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEKERJAAN ORANG TUA SEBAGAI PEMBUAT MINUMAN BERALKOHOL (Studi Kasus di Desa Ngombakan, Polokarto, Sukoharjo)]
Preview
PDF (PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEKERJAAN ORANG TUA SEBAGAI PEMBUAT MINUMAN BERALKOHOL (Studi Kasus di Desa Ngombakan, Polokarto, Sukoharjo)) - Published Version
Download (838kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi anak usia 5-6 tahun dalam perilaku sosial di desa Ngombakan, Polokarto yang orangtuanya bekerja sebagai pembuat minuman beralkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial anak usia 5-6 tahun yang orang tuanya bekerja sebagai pembuat minuman beralkohol di desa Ngombakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bentuk studi kasus. Penelitian yang memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial anak yang orangtuanya bekerja sebagai pembuat minuman beralkohol yaitu dapat bersosialisasi. Hal ini ditunjukkan pada anak dapat saling membantu, bangga terhadap hasil karya yang diperoleh, berbagi kepada sesama, meminjamkan barang dengan suka rela, mandiri, meniru perbuatan baik serta tidak memilih-milih teman. Namun saat berada di rumah ada beberapa perilaku yang anak lakukan yaitu kurang menaati peraturan dan kurangnya pengendalian diri. Disarankan kepada orangtua dapat berperan aktif dalam pembentukan kepribadian anak dengan cara meluangkan waktu, melakukan pendekatan, memberikan perhatian khusus, dan mengarahkan perilaku anak agar anak dapat bersosialisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku sosial, anak usia 5-6 tahun, orangtua pembuat minuman beralkohol.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:16
Last Modified: 31 Dec 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34218

Actions (login required)

View Item View Item