HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SOCIAL LOAFING PADA SISWA SMP NEGERI 3 KEBASEN


Triana Gusti Asih , 1511415092 (2019) HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SOCIAL LOAFING PADA SISWA SMP NEGERI 3 KEBASEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SOCIAL LOAFING PADA SISWA SMP NEGERI 3 KEBASEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SOCIAL LOAFING PADA SISWA SMP NEGERI 3 KEBASEN) - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Perubahan penerapan kurikulum 2013 salah satunya adalah pola belajar individu menjadi pola belajar kelompok. penerapan kurikulum juga dilakukan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama, yang pada akhirnya siswa lebih sering diberikan tugas kolektif. Harapannya adalah agar siswa secara aktif terlibat dan bekerja sama memecahkan permasalahan dan menyelesaikan tugas kelompok dengan maksimal. Namun pada kenyataannya siswa belum mampu memanfaatkan situasi tersebut, sehingga masih banyak siswa yang cenderung mengurangi usahanya apabila berada dalam sebuah kelompok. Kondisi ini disebut dengan social loafing (kemalasan sosial). faktor yang mempengaruhi munculnya social loafing adalah lack of motivation yang mana hal tersebut dapat berpengaruh pada student engagement (keterlibatan siswa) di sekolah. apabila siswa tidak terlibat di sekolah maka dampaknya adalah siswa juga tidak akan terlibat dalam tugas baik individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social loafing dengan student engagement. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Kebasen kelas VII dan VIII. Sampel dalam penelitian berjumlah 140 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Skala yang digunakan adalah skala social loafing yang berjumlah 37 item dan skala student engagement berisi 32 item. Hasil pengolahan data dengan bantuan software pengolah angka, teknik analisis menggunakan product moment. Diperoleh hasil social loafing berada pada kategori rendah sedangkan student engagement berada pada kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai rho sebesar -0,793 dengan signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara student engagement dengan social loafing pada siswa SMP N 3 Kebasen” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa student engagement memiliki hubungan yang negatif terhadap social loafing pada siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Loafing, Student engagement, siswa SMP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:17
Last Modified: 31 Dec 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34217

Actions (login required)

View Item View Item